Azwendi Minta Pansus Gesa Ranperda Inisiatif Penanganan Covid-19

Azwendi Minta Pansus Gesa Ranperda Inisiatif Penanganan Covid-19

Riauaktual.com - Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri SE, meminta Panitia Khusus (Pansus) DPRD Pekanbaru untuk segera menggesa Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif penanganan covid-19 segera disahkan.

"Saya minta kepada rekan-rekan di pansus DPRD untuk segera mengesa perda penanggulangan covid-19 atau protokol kesehatan itu untuk segera diparipurnakan," kata Azwendi kepada wartawan, Selasa (26/1).

Permintaan ini disampaikan Azwendi karena banyaknya masyarakat yang melanggar protokol kesehatan, jika sudah terbentuk Perda nantinya maka bisa diberi sanksi dan solusi terhadap kondisi masyarakat yang melanggar prokes.

"Ini akan menjadi efek jera bagi masyarakat. Karena sampai hari ini masih berupa sanksi sosial, belum ada sanksi tegas berupa denda. Jadi perda ini harus disegerakan agar kita semua saling bersinergi, supaya petugas dilapangan itu tidak capek mengingatkan masyarakat seperti memakai masker," ujarnya.

Seperti diketahui, Pemko Pekanbaru melalui tim gabungan Satpol PP terus gencar melakukan razia protokol kesehatan (prokes). Hingga Rabu kemarin (27/1), total warga yang terjaring razia prokes mencapai 186 pelanggar.

Banyaknya warga yang terjaring razia tersebut menunjukkan bahwa masih kurangnya kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

Dapat dilihat dari kebanyakan pelanggar prokes yang tidak memakai masker. Hal ini dinilai perlu ada sanksi yang tegas untuk mendisiplinkan masyarakat agar terhindar resiko penyebaran covid-19.

Masih banyaknya masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan, Azwendi meminta Pansus Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Penanggulangan Covid-19 untuk segera disahkan.

Menurut Politisi Demokrat ini, ranperda penanganan covid-19 merupakan salah satu penguatan untuk memberikan sanksi tegas kepada masyarakat yang tidak disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan covid-19. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index