Kasus Corona Meningkat, Pjs Bupati Siak Nekat Kumpulkan Seluruh Forkopimda dan OPD, Alasannya Karena Ini...

Senin, 05 Oktober 2020 - 16:42:52 WIB Di Baca : 1759 Kali


Riauaktual.com - Di tengah kondisi pandemi COVID-19 meningkat tajam, Pjs Bupati Siak Indra Agus sengaja mengumpulkan seluruh unsur Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lantai dua kantor Bupati Siak hari ini, Senin (05/10).

Tidak hanya itu, seluruh camat dan kepala kampung (Desa) pun turut diundang oleh Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Provinsi Riau tersebut.

Alasan dia, untuk menjaga kenetralan ASN pada Pilkada Siak 9 Desember mendatang.

Padahal, di Kabupaten Siak sudah ada Peraturan Daerah (Perda) terkait protokol COVID-19, nomor 4 tahun 2020 tentang penularan penyakit menular, dengan larangan mengumpulkan massa yang banyak.

Sementara Kadis Kesehatan Siak Toni Chandra, mengaku sudah mengirim pesan singkat kepada Pjs Bupati Siak tersebut, agar kegiatan itu dilakukan secara virtual saja.

"Kegiatan itu, sudah saya ingatkan bapak Pjs. Mengingat angka kasus positif COVID-19 di Kabupaten Siak masih mengalami kenaikan. Namun, alasan dari pak Pjs, acara tersebut sudah mendapat arahan dari mendagri," kata Tonny saat di konfirmasi, Senin (5/10/2020).

Sementara Penghulu Kampung Bandar Pedada Nasruddin hadir saat itu mengatakan, undangan kegiatan tersebut disampaikan melalui camat.

"Undangan dari Pjs Bupati, kemudian diteruskan oleh Camat ke Penghulu," kata Nasruddin.

Ia mengatakan, di dalam undangan tersebut acara digelar pukul 10.30 WIB, namun diundur menjadi pukul 13.00 WIB. 

Sedangkan, Camat Siak Tengku Indra mengatakan, ia memenuhi undangan, dan  sampai sejauh ini baru Lurah Kampung Dalam yang izin untuk hadir.

"Beliau ada kegiatan, dia izin," katanya singkat.

Sementara Kabag Humas dan Protokol Setdakab Siak Wan Saiful Effendi mengatakan, kegiatan itu dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan, semua peserta yang hadir dilakukan rapid test terlebih dahulu.

"Jarak tempat duduk juga diatur. Untuk peserta sekitar 150 orang. Yang jaraknya jauh menggunakan virtual," sebutnya.

Untuk diketahui, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Siak masih terus mengalami peningkatan. 

Pada tanggal 4 Oktober 2020 saja, sudah diangka 846 orang yang sudah dinyatakan positif Covid-19. Jumlah positif tersebut sudah hampir merata terjadi di setiap kecamatan di Kabupaten Siak. (Baim)





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com