Pusat Perbelanjaan Ramai Dikunjungi Jelang Lebaran, Ini komentar Pemko Pekanbaru 

Senin, 18 Mei 2020 - 22:44:18 WIB Di Baca : 628 Kali


Riauaktual.com - Pusat perbelanjaan dan Mal sepekan menjelang lebaran Idul Fitri sudah mulai dipadati pengunjung, walaupun saat ini tengah berlangsung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap III di Pekanbaru. 

Masyarakat seakan tidak peduli dengan imbauan pemerintah untuk menerapkan protokol PSBB agar tidak berkumpul dan saling menjaga jarak. 

Juru Bicara Umum Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, untuk Mal dan Pusat perbelanjaan merupakan jenis usaha yang dikecualikan, dan masih bisa beroperasi dalam masa PSBB. Namun pengelola wajib menerapkan protokol kesehatan terhadap pengunjung. 

"Mereka masuk dalam jenis usaha yang di kecuali kan. Tapi walaupun begitu, pengelola harus menerapkan protokol kesehatan, seperti membuat pembatas jaga jarak, mengecek suhu tubuh sebelum masuk ke lokasi perbelanjaan, mewajibkan pengunjung mencuci tangan dan menggunakan masker," kata Ingot, Senin (18/5/2020). 

Selain itu, Ingot menyebut jam operasional Mal dan Pusat Perbelanjaan juga dibatasi. Mereka hanya dapat beroperasi dari pukul 11.00WIB hingga pukul 20.00WIB.

Ia tak menampik saat ini kondisi sejumlah pusat perbelanjaan ramai dikunjungi hingga tidak lagi menerapkan sosial distance atau jaga jarak antar sesama. Namun, hal itu menjadi fokus pengawasan aparat di lapangan. Ada tim teknis dari dinas terkait bersama tim gugus tugas dari unsur TNI, kepolisian dan satpol pp yang mengawasi di lapangan. 

"Mereka nantinya bisa memberi bimbingan kepada pengelola dan pengunjung agar tetap melaksanakan protokol kesehatan," jelasnya. (Saf)





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com