#Save Atuk Annas, Ribuan Masa Padati Bundaran Depan Kantor Gubernur Riau

#Save Atuk Annas, Ribuan Masa Padati Bundaran Depan Kantor Gubernur Riau

Riauaktual.com - Ribuan masa dari Gerakan Mahasiswa dan Masyarakat Cinta Lansia (GM2CL) padati bundaran di depan kantor Gubernur Riau, Jalan Jendral Sudirman, Selasa (10/12/2019).

Aksi massa diketahui untuk mendukung Grasi Presiden terhadap Annas Maamun dan mendesak KPK untuk menghentikan Proses Hukum atas mantan Gubernur Riau tersebut.

"Kedepankan rasa kemanusiaan, KPK harus hentikan proses hukum atuk Annas. Beliau sudah tua, dan berikanlah kesempatan untuk menghirup udara bebas," ujar Korlap Aksi, Mustakim JM.

Grasi untuk Annas Maamun diberikan oleh Presiden Jokowi atas pertimbangan MA serta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan juga memberi pertimbangan yang sama. Itu juga yang melandasi Jokowi untuk memberi grasi berupa pengurangan masa hukuman satu tahun penjara.

"Kami mendukung Penegakkan Hukum, Tapu! kami sangat menjunjung tinggi rasa kemanusiaan terhadap Orang Lansia #SaveAtukAnnas,” lanjut Mustakim.

Grasi ini terbit pada 25 Oktober lalu lewat Keputusan Presiden Nomor 23/G Tahun 2019. Grasi yang diberikan Jokowi berupa pengurangan masa hukuman satu tahun penjara. Artinya, Annas hanya akan menjalani enam tahun masa hukuman kendati divonis tujuh tahun dalam upaya kasasinya. Dengan adanya grasi ini, Atuk Annas diprediksi akan bebas pada Oktober 2020.

Diketahui Annas Maamun sudah uzur, sakit-sakitan dan menggunakan alat bantu Oksigen, menderita penyakit PPOK (COPD akut), dispepsia syndrome (depresi), gastritis (lambung), hernia, dan sesak napas. 

Disisi lain, korlap Aksi Dicky Jordan Johar, menyampaikan bahwa semua pihak termasuk KPK harus menghargai keputusan Presiden, kalau KPK profesional dalam penegakkan hukum masih banyak kasus lain yang belum tuntas, "termasuk status tersangka Dua kepala daerah di Riau yang sampai saat ini belum disidangkan, itu bagaimana ?," ujarnya.

“Atas nama kemanusiaan dan masyarakat Riau kami memohon ke KPK hormati Grasi Presiden! Dan kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada pak Jokowi, Ketua MA dan Menkopolhukam karena telah mendukung atuk annas,” tutup Dicky. (rls)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index