Minum Kopi Membantu Mengobati Asam Urat Atau Sebaliknya?

Minum Kopi Membantu Mengobati Asam Urat Atau Sebaliknya?
Photo : Pexels/Kaboompics/Karolina. Ilustrasi kopi hitam.

Riauaktual.com - Hampir sebagian besar anak muda saat ini akan mengawali hari dengan kopi. Selain memberi efek membangunkan dari tidur, kopi juga baik untuk kesehatan Anda. Lantas apakah penderita asam urat boleh mengonsumsi kopi?

Studi juga telah menghubungkan konsumsi kopi secara teratur, dengan risiko lebih rendah menderita penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan diabetes tipe 2, serta kondisi kesehatan lainnya.

Tapi mungkinkah secangkir kopi di pagi hari membantu mencegah dan mengobati serangan asam urat yang menyakitkan? Sementara beberapa bukti menunjukkan, minuman populer ini dapat membantu Anda menghindari nyeri sendi. Lantas Bagaimana cara mengonsumsinya?

 Kopi Mencegah Asam Urat

Sebuah studi 2007 telah menyelidiki hubungan potensial antara asupan kopi dan risiko asam urat, di antara hampir 46.000 pria. Para peliti menemukan bahwa, pria yang minum empat hingga lima cangkir kopi sehari, memiliki risiko terkena asam urat lebih rendah 40 persen. Jika dibandingkan dengan pria yang bukan peminum kopi. Kopi tanpa kafein juga sedikit menurunkan risiko asam urat, tetapi teh tidak memiliki efek apa pun. Ini menunjukkan bahwa sesuatu selain kafein bertanggung jawab atas efeknya pada asam urat.

"Ada teori bahwa komponen kopi, asam klorogenat, antioksidan, sebenarnya bisa menjadi alasan bahwa kopi dikaitkan dengan insidensi asam urat yang lebih rendah," jelas Elinor Mody, MD, direktur Program Ortopedi Wanita dan Penyakit Sendi di Rumah Sakit Brigham dan Wanita di Boston.

Asam klorogenik dan antioksidan lainnya membantu mengurangi kadar hormon dalam darah, termasuk insulin. Kadar insulin dan asam urat (zat kimia yang memicu asam urat) sangat erat kaitannya. Ketika kadar insulin rendah, asam urat cenderung lebih rendah juga. Untuk mengilustrasikan koneksi, penelitian lain pada 2007 oleh penulis yang sama menemukan bahwa, orang yang minum beberapa cangkir kopi sehari memiliki kadar asam urat yang lebih rendah.

Kafein dan Risiko Asam Urat

Sementara kopi mungkin membantu mencegah terjadinya asam urat pada orang yang belum memiliki penyakit ini. Tetapi kafein yang terkandung di dalamnya, dapat menyebabkan masalah bagi orang yang sudah hidup dengan asam urat — terutama jika mereka bukan peminum kopi yang konsisten. Dalam studi 2010, orang yang tiba-tiba meningkatkan asupan minuman berkafein seperti teh dan kopi, lebih cenderung memiliki serangan asam urat.

Alasannya? Kafein mirip dalam struktur untuk allopurinol, obat yang digunakan untuk mengobati asam urat, jelas Tuhina Neogi, MD, profesor kedokteran dan epidemiologi di Boston University School of Medicine dan peneliti utama studi ini.

"Ketika orang pertama kali mulai menggunakan allopurinol, mereka memiliki peningkatan risiko serangan asam urat karena asam urat dimobilisasi dari jaringan tubuh. Seiring waktu, mengonsumsi allopurinol secara konsisten menurunkan asam urat secara cukup sehingga serangan tidak lagi terjadi," jelasnya.

Itulah mengapa orang-orang dalam penelitian Neogi yang minum minuman berkafein dari waktu ke waktu, akan mengalami peningkatan serangan asam urat. Sementara mereka yang minum minuman ini secara konsisten, tidak akan terpengaruh oleh asam urat.

Namun, dia mengatakan studinya tidak membedakan minuman berkafein ini memakai atau tanpa pemanis. Namun, gula atau sirup jagung fruktosa tinggi, dapat meningkatkan kadar asam urat darah.

Kopi, Gula, Susu Tinggi Lemak dan Asam Urat

Neogi tidak menyarankan mengubah kebiasaan minum kopi Anda semata-mata, bisa untuk mengurangi peluang terkena asam urat. Sebaliknya, gunakan metode pencegahan yang lebih andal seperti mengawasi berat badan dan membatasi atau menghindari makanan yang diketahui memicu penyakit, termasuk daging, kerang, dan bir.

Jika Anda minum kopi, cobalah untuk tidak menambahkan gula dan krim susu tinggi lemak. Dan hindari sumber kafein yang tidak sehat.

"Saya sangat menyarankan pasien untuk menghindari minum soda atau minuman lain dengan sirup jagung fruktosa tinggi yang ditambahkan, tidak hanya untuk asam urat, tetapi untuk berbagai masalah kesehatan," kata Neogi.

Bagi mereka yang sudah hidup dengan asam urat, harus melakukan perawatan yang baik untuk meredakan nyeri sendi dan mencegah serangan di masa depan.

"Saya merekomendasikan bahwa siapa pun dengan asam urat berbicara kepada rheumatologist mereka," dia menyarankan.

 

 

Sumber: arthritis.org

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index