Air putih hangat (Foto: Healthproblog)

Air Putih Hangat Lebih Baik untuk Tubuh, Kenali 7 Manfaatnya!

Minggu,14 Januari 2018 - 00:55:14 WIB Di Baca : 1858 Kali

Riauaktual.com - SEMUA orang tahu bahwa air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Setidaknya setiap manusia perlu minum 7 sampai 8 gelas air setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi. Kebanyakan orang lebih gemar meminum air putih yang bersuhu dingin, tetapi para periset menunjukkan bahwa minum air hangat lebih memiliki manfaat ekslusif bagi kesehatan.

Menurut pengobatan China dan India kuno, memulai hari dengan segelas air hangat membantu melancarkan pencernaan dan bisa membuat tubuh jadi rileks. Dan selain itu, masih ada banyak lagi yang bisa Anda rasakan ketika meminum air putih hangat. Simak ulasannya di bawah ini, seperti yang telah dilansir dari Boldsky.

1. Meringankan gejala sinusitis

Loading...

Jika Anda memiliki penyakit sinusitis, Anda dapat memanfaatkan air putih sebagai pengobatan. Menghirup uap dari air panas bisa membawa kelegaan dari sinus tersumbat. Meminum air panas akan mencegah terbentuknya lendir di sinus.

2. Menenangkan sistem saraf

Minum air yang bersuhu panas akan menenangkan sistem saraf pusat Anda. Bila sistem saraf Anda tenang, maka tubuh akan rileks dan rasa cemas akan berkurang. Orang yang menderita radang sendi juga bisa memanfaatkan air panas untuk menenangkan sistem saraf mereka.

3. Meredakan sembelit

Sembelit adalah masalah umum yang banyak dialami orang. Minum segelas air panas akan membantu usus untuk berkontraksi dan mengeluarkan kotoran atau limbah dari tubuh.

4. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, di samping menerapkan pola makan yang benar dan olahraga, ada baiknya juga mengonsumsi air putih hangat agar lebih ekstra. Mulailah pagi Anda dengan segelas air panas dan lemon untuk meningkatkan metabolisme tubuh, yang bisa memberi kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Air panas juga membersihkan usus Anda dan mencegah kembung dalam tubuh, sehingga bisa menyingkirkan lemak yang berlebih.

5. Meningkatkan sirkulasi darah

Selain meminum air putih hangat, mandi dengan air hangat bisa memberi Anda perasaan yang rileks. Hal ini karena air hangat membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh secara efektif. Aliran darah yang sehat bisa mencegah risiko penyakit kardiovaskular.

6. Membersihkan racun

Saat Anda minum air putih hangat atau mandi air hangat, sistem endoktrin pada tubuh Anda akan aktif dan secara otomatis, tubuh Anda akan mengeluarkan keringat. Keringat ini mungkin membuat Anda menjadi tidak nyaman, tetapi perlu Anda ketahui bahwa keringat tersebut penting untuk menyingkirkan dan menghilangkan racun dari tubuh.

7. Membuat tidur lebih nyenyak

Sekali lagi, meminum air putih hangat meningkatkan aliran darah ke jaringan, yang membuat otot menjadi rileks. Hal ini bisa membantu Anda untuk tertidur lebih nyenyak. Selain itu, juga bisa menghilangkan segala macam rasa sakit seperti nyeri sendi dan kram akibat menstruasi.


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...