Chelsea vs Southampton: Gol Tunggal Alonso Bawa The Blues Menang 1-0

Chelsea vs Southampton: Gol Tunggal Alonso Bawa The Blues Menang 1-0
Para pemain Chelsea melakukan selebrasi (AFP)

Riauaktual.com - Tiga angka berhasil didapat Chelsea kala menjamu Southampton dalam lanjutan pekan ke-18 Liga Inggris 2017-2018 usai menang dengan skor tipis 1-0. Untuk bisa meraih kemenangan ini, skuad berjuluk The Blues itu harus bersusah payah karena Southampton bermain dengan disiplin. Ada pun gol semata wayang yang tercipta di pertandingan ini dicetak oleh Marcos Alonso melalui tendangan bebas indahnya.

Tambahan tiga angka membuat kini Chelsea mengoleksi 38 poin. Namun demikian, hal tersebut tak membuat Chelsea beranjak dari posisi ketiga papan klasemen sementara. Pasalnya, Manchester United yang menghuni posisi dua memiliki perolehan poin yang sama, namun dengan selisih gol yang lebih baik

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Laga dimulai dengan serangan yang dilancarkan oleh para pemain Chelsea. Menyebar ke berbagai area Southampton, namun skuad asuhan Antonio Conte itu tak mampu mendapatkan peluang emas lantaran para pemain tim tamu tetap berjaga di wilayahnya masing-masing.

Hingga menit kedelapan, Chelsea masih mencoba membongkar pertahanan Southampton, namun hal itu tak membuat tim tamu terpancing dan tetap disiplin. Justru sebaliknya, Southampton berhasil mencuri bola dan mampu melancarkan serangan balik, meski masih tak berujung gol.

Memasuki menit ke-14, Chelsea hampir membuka keunggulannya. Kerja sama apik yang diperagakan Willian dan Marcos Alonso mampu menembus ketatnya pertahanan Southampton. Namun demikian, sepakan yang kemudian dilepaskan Willian masih melebar di sisi kanan gawang. Papan skor pun tak berubah.

Sepanjang 20 menit pertama, Chelsea sukses mendominasi penguasaan bola. Namun, skuad berjuluk The Blues itu tak memiliki banyak peluang emas untuk mencetak gol. Serangan yang kerap dibangun N’Golo Kante dan kolega selalu berhasil dipatahkan.

Kerap gagal mencetak gol dari jarak dekat, membuat para pemain Chelsea berinisiatif melepaskan tendangan jarak jauh. Adalah Gary Cahill yang melakukan tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-33. Namun, upaya tersebut masih berujung kegagalan karena Forster dengan sigap masih mampu mengamankan gawangnya.

Begitu pun pada menit ke-33, Willian melakukan sebuah gerakan brilian di sisi kiri pertahanan Southampton dan mengecoh bek mereka. Ia lekas mengirimkan umpan kepada Alonso yang telah menunggu di kotak penalti. Kendati begitu, sepakan kaki kanan Alonso di muka gawang Southampton masih tak berujung gol karena Forster mampu menepisnya.

Di pengujung laga, tepatnya menit ke-43, Pedro sukses menembus ketatnya pertahanan Southampton dan melepaskan sepakan kaki kanan dari dalam kotak penalty. Namun lagi-lagi upaya tersebut masih gagal lantaran si kulit bundar membentur tiang gawang.

Penantian yang diharapkan Chelsea baru muncul di menit ke-45+3 kala tendangan bebas kaki kirinya mengujam keras ke sudut kiri gawang Southampton. Skor 1-0 pun menjadi penutup babak pertama karena tak lama kemudian wasit meniup peluit panjang.

Babak Kedua:

Hanya unggul 1-0 di babak pertama membuat Chelsea mengawali babak kedua dengan lebih semangat. Pasalnya, keunggulan 1-0 tak bisa dijadikan jaminan memetik tiga angka. Serangan pun mulai dibangun oleh Pedro dan kawan-kawan.

Di menit ke-49, Chelsea sempat membuat pertahanan Southampton kalang kabut. Menembus area pertahanan Southampton, Pedro melepaskan umpan yang mampu diterima Hazard dengan baik. Kendati begitu, kesigapan pemain belakang Southampton membuat Hazard kehilangan bola usai melakukan tekel.

Pertandingan berlangsung alot, di mana Chelsea kerap kesulitan mendapatkan peluang emas. Sekalipun skuad asuhan Antonio Conte itu mendapat kesempatan, penyelesaian akhir yang buruk membuat bola pada akhirnya tak kunjung bersarang di gawang Southampton.

Pada menit ke-69, Hazard sebenarnya mampu menyarangkan bola ke dalam gawang Southampton usai melakukan kerja sama apik dengan Cesc Fabregas. Namun, gol tersebut dianulir wasit karena Hazard telah berada dalam posisi off-side.

Chelsea mengancam gawang Southampton di menit ke-76. Kali ini melalui Kaki Cesc Fabregas yang sukses merangsek ke area penalti tim tamu. Sukses melewati penjagaan pemain belakang Southamptos, gelandang asal Spanyol itu pun melepaskan tendangan mendatar. Namun begitu, bola sepakan Fabregas masih melenceng tipis tak mau melewati garis gawang hingga akhirnya meninggalkan lapangan permainan.

Memasuki menit ke-85, Southampton melancarkan serangan balik cepat hingga menembus area pertahanan Chelsea. Umpan-umpan pendek yang diperagakan tim tamu pada akhirnya membuat bola jatuh ke kaki Austin yang sudah berada di dalam kotak penalti. Namun, lantaran tekanan yang diberikan pemain belakang The Blues, sepakan Austin menjadi tak terarah dan melenceng tipis di sisi kiri gawang Courtois.

Hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada gol lagi yang tercipta. Keberuntungan yang didapat Chelsea pada pengujung babak pertama, tak mampu mereka ulangi di babak kedua. Namun demikian, Chelsea tetap berhak membawa tiga poin lantaran menang dengan skor 1-0.

Susunan Pemain:

Chelsea: Courtois, Cahill, Christiensen, Azpilicueta, Alonso, Kante, Bakayoko, Moses (Zappacosta 82’), Willian, Pedro (Fabregas 68’), Hazard (Morata 73’)

Southampton: Forster, Stephens, Yoshida, Hoedt, Soares (Lemina 17’), Ward-Prowse, Romeu, Bertrand, Hojbjerg (Boufal 72’), Redmond, Gabbiadini (Austin 61’)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index