Unik! Bunga Bangkai Tunas Tiga Tumbuh di Sukabumi

Unik! Bunga Bangkai Tunas Tiga Tumbuh di Sukabumi

Riauaktual.com - Bunga bangkai (Amorphophallus paeonifolius) atau Suweg bertunas tiga tumbuh di halaman SMP Negeri 10 Kota Sukabumi, Jawa Barat, sehingga menarik perhatian kalangan pelajar dan warga setempat.

"Bunga bangkai ini pertama kali ditemukan tukang kebun sekolah yang tengah membersihkan halaman dan pelataran sekolah yang berada di Jalan Saniin, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong pada Minggu (12/11)," kata Kepala SMPN 10 Sukabumi Agus Mulyana, di Sukabumi, Selasa (14/11/2017).

Menurutnya, dengan adanya bungai bangkai yang tumbuhnya unik seperti ini karena mempunyai tiga tunas dengan warna kecokelatan dan hijau serta sudah hampir mekar seluruhnya, dengan tinggi 35 cm dan diameter 15-20 cm, dimanfaatkan oleh anak didiknya untuk penelitian.

Sebelum ditemukan, awalnya guru dan pelajar sekolah itu sudah mencium bau bangkai dari lingkungan sekolah sejak Senin (13/11) sore.

Pihaknya, untuk antisipasi ada tangan jahil, juga membuat pagar dari jaring agar tidak ada orang yang memegang, tetapi hanya boleh melihatnya saja.

Mengingat usia rata-rata bunga bangkai ini setelah mekar hanya tujuh hari atau satu minggu, maka setelah mati pihak sekolah akan mengawetkannya untuk kenang-kenangan dan dijadikan bahan penelitian.

"Ini baru pertama kali tumbuh di lingkungan sekolah kami dan uniknya bertunas tiga. Kami mengimbau kepada pelajar dan warga yang ingin melihat agar jangan memegangnya," kata Agus pula.

Pelajar kelas IX SMPN 10 Kota Sukabumi Meisya M Farida mengatakan baru pertama kali melihat bungai bangkai secara langsung. Biasanya ia hanya melihat di internet, televisi, dan buku pelajaran saja.

"Ini pengalaman pertama saya bisa melihat langsung bunga bangkai dan untuk mengabadikan momen langka ini saya beberapa kali selfie di lokasi tumbuh bunga yang mengeluarkan bau bangkai itu," katanya pula. (wan)

 

sumber: okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index