Gawat ! Ratusan Warga Siak Terserang DBD

Gawat ! Ratusan Warga Siak Terserang DBD
dbd

RIAU (RA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, Provinsi Riau mencatat sebanyak 409 warga setempat terserang Demam Berdarah Dengue (DBD) selama periode Januari-Agustus 2016.

"Angka tersebut mengalami peningkatan yang tajam dibandingkan tahun sebelumnya. Selama kurun waktu tahun 2015 warga terjangkit DBD hanya sebanyak 297 orang," ujar Kasie Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Siak Marzuki di Siak, Sabtu, seperti yang diansir dari antarariau.

Meskipun begitu katanya, semenjak Maret hingga Agustus ini sudah jauh mengalami penurunan dibandingkan dua bulan awal tahun 2016. Dia mengatakan, faktor utama yang menyebabkan terjadinya gejala penyakit tersebut adalah perubahan iklim dan cuaca yang tidak menentu.

"Cuaca di Siak saat ini tidak bisa ditebak, siangnya panas terik lalu sore hingga malam hujan lebat. Selain itu masih kurangnya kebersihan lingkungan rumah hingga banyak nyamuk berkeliaran," ucapnya.
       
Sedangkan faktor lainnya menurutnya disebabkan karena Siak merupakan wilayah transit, yang banyak dilewati oleh orang luar hendak ke daerah lainnya. Dijelaskannya pihaknya sudah menyurati camat-camat melalui Bupati Syamsuar untuk rutin melakukan gotong royong sekali seminggu atau yang sering disebut dengan Jumat bersih.

"Namun begitu jika kesadaran dari masyarakatnya belum tinggi untuk menjaga kebersihan lingkungannya sendiri juga tidak akan berpengaruh besar dilakukannya Jumat bersih itu," katanya pula.

Dikatakan Marzuki, Dinkes Siak terus menghimbau masyarakat untuk melakukan gerakan 3M, yakni Menguras bak mandi, Menutup tempat penampungan Air dan Menimbun kaleng-kaleng bekas.
   
Dia juga mengimbau seluruh masyarakat, jika sudah mulai ada gejala DBD sebaiknya segera berobat ke rumah sakit terdekat sebelum galajanya semakin buruk, karena DBD bisa menyebabkan kematian jika dibiarkan.
         
"Dinkes selalu siap melakukan berbagai sosialisasi terkait gejala DBD, dan juga segera melakukan tindakan dengan menurunkan tim ke daerah terserang DBD. Namum lebih optimalnya jika dibantu oleh warga," ucapnya.
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index