Diduga Rem Blong, Truk Tangki Pengangkut CPO Terguling di Bukit Limpato Kuansing

Jumat, 25 Oktober 2024 | 23:33:02 WIB
Sebuah truk tangki bermuatan minyak kelapa sawit mentah (CPO) dengan nomor polisi BM 9798 BU terguling di Jalan Lintas Taluk Kuantan menuju Indragiri Hulu, tepatnya di kawasan Bukit Limpato, Desa Pasar Inuman, Kecamatan Inuman, Jumat (25/10/2024).

KUANSING (RA) – Sebuah truk tangki bermuatan minyak kelapa sawit mentah (CPO) dengan nomor polisi BM 9798 BU terguling di Jalan Lintas Taluk Kuantan menuju Indragiri Hulu, tepatnya di kawasan Bukit Limpato, Desa Pasar Inuman, Kecamatan Inuman, Jumat (25/10/2024).

Kecelakaan ini diduga terjadi akibat rem kendaraan yang tidak berfungsi dengan baik.

Peristiwa tersebut menyebabkan kemacetan sepanjang 1 kilometer karena minyak CPO yang diangkut tumpah ke jalan dan membuat permukaan jalan licin.

Erde Mapala, warga setempat yang menyaksikan kejadian, menjelaskan bahwa truk tangki melaju dari arah Taluk Kuantan menuju Bayas di Kabupaten Indragiri Hulu.

Saat memasuki area jalan menurun, pengemudi tidak bisa mengendalikan laju truk hingga akhirnya menabrak pohon sawit di sisi kanan jalan dan terguling.

“Diduga truk mengalami rem blong, sehingga tidak dapat berhenti dan akhirnya menabrak pohon sawit sebelum terguling ke kiri jalan,” jelas Erde.

Pengemudi truk, Sucipto (50), yang selamat tanpa luka, menceritakan pengalamannya saat kejadian.

"Saya dari Duta Palma menuju Bayas, dan sekitar pukul 17.30 WIB, tiba-tiba rem truk tidak berfungsi. Untung saja saya masih fokus dan segera membanting setir ke kanan untuk menghindari rumah warga di bawah sana," ungkap Sucipto.

Ia mengakui sempat khawatir jika truk terus melaju ke arah rumah penduduk.

“Kalau saya tidak banting setir ke kanan, truk pasti menabrak rumah warga. Syukur tidak ada yang terluka, dan truk hanya menabrak pohon sawit,” tambahnya.

Kapolsek Cerenti, AKP Dadan Wardan, SH, yang mewakili Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, MH, membenarkan kejadian ini.

“Benar, ada kecelakaan truk tangki CPO terguling di Desa Pasar Inuman. Anggota kami sudah berada di lokasi untuk penanganan lebih lanjut,” ungkap Kapolsek.

Pihak kepolisian juga telah menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran Rayon Kuantan Hilir untuk membantu membersihkan tumpahan minyak di jalan agar tidak membahayakan pengendara lainnya.

Hingga berita ini diturunkan, truk tangki masih berada di lokasi kejadian. Warga sekitar turut membantu memindahkan minyak dari truk ke wadah lain agar situasi di jalan segera dapat terkendali.

Tags

Terkini

Terpopuler