Antisipasi Karhutla, Polsek Gaung Bersama TNI Gelar Patroli

Sabtu, 19 Oktober 2024 | 18:42:19 WIB
Mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), personel Polsek Gaung bersama anggota TNI dan security PT. MSK melaksanakan patroli di Dusun Sentosa, Desa Simpang Gaung, Kecamatan Gaung, Inhil, Riau, Minggu (19/10/2024).

INHIL (RA) – Dalam upaya mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), personel Polsek Gaung bersama anggota TNI dan security PT. MSK melaksanakan patroli di Dusun Sentosa, Desa Simpang Gaung, Kecamatan Gaung, Inhil, Riau, Minggu (19/10/2024).

Kapolsek Gaung, Iptu Andrianto SH, melalui Babinkamtibmas Desa Simpang Gaung, Aipda Sfrizal Zufri, menyatakan bahwa patroli dilakukan di daerah rawan Karhutla.

Patroli ini tidak hanya bertujuan untuk mengawasi potensi kebakaran, tetapi juga untuk memberikan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat terkait larangan membuka lahan dengan cara dibakar.

"Personel kami bersama Sertu Guntur Kusuma dari TNI serta security PT. MSK melakukan patroli rutin di wilayah rawan Karhutla. Kami juga memberikan edukasi kepada warga tentang bahaya dan dampak dari kebakaran lahan, serta mengingatkan larangan membuka lahan dengan cara dibakar," ujar Iptu Andrianto.

Kegiatan patroli ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak buruk yang ditimbulkan oleh pembakaran lahan.

Dengan sosialisasi yang terus dilakukan, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya Karhutla di wilayah hukum Polsek Gaung.

Iptu Andrianto juga mengimbau kepada masyarakat agar segera melaporkan jika melihat kebakaran lahan kepada pihak kepolisian terdekat, aparat desa, atau Masyarakat Peduli Api (MPA).

Selain itu, diharapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam upaya pemadaman dini sebelum api meluas.

"Kami berharap masyarakat dapat bekerja sama dengan Polri untuk mengatasi Karhutla, segera melapor jika melihat lahan yang terbakar, dan membantu upaya pemadaman di lokasi," pungkasnya.

Tags

Terkini

Terpopuler