Basuki Tawari Jokowi Jengkol di Pasar Senggol Dumai: 'Beda Jengkolnya Pak'

Sabtu, 01 Juni 2024 | 14:19:18 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono Memilih Jengkol di Pasar Senggol Dumai

Riauaktual.com - Presiden Joko Widodo mengunjungi Pasar Senggol di Kota Dumai, Provinsi Riau, pada Sabtu (1/6) usai memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi oleh beberapa menteri, termasuk Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Mendagri Tito Karnavian.

Selain itu, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, PJ Gubernur Riau SF Hariyanto, dan Wali Kota Dumai Paisal turut mendampingi presiden.

Kunjungan Presiden Jokowi ini disambut antusias oleh para pedagang dan masyarakat, terutama oleh ibu-ibu yang sudah menunggu sejak pagi hari. Setelah masuk ke pasar, Jokowi membagikan kaos yang dibawanya kepada para pedagang dan masyarakat.

Setelah memberikan kaos kepada seorang pedagang kaos kaki dan membeli kaos kaki tersebut dengan uang pecahan Rp50.000, Jokowi kemudian bergeser ke area pedagang sayuran. Di sana, ia kembali membagikan kaos kepada masyarakat dan pedagang.

Momen menarik terjadi saat Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono menawari Jokowi untuk membeli jengkol dari seorang pedagang. Basuki sendiri telah membeli jengkol tersebut dengan uang pecahan Rp100.000.

"Pak jengkol, Pak. Jengkol Pak, beda jengkolnya ini Pak," kata Basuki sambil menawari Jokowi jengkol yang dibelinya.

Tawaran ini disambut senyuman oleh Jokowi. Namun, alih-alih membeli jengkol, Jokowi kembali mengambil kaos dari Paspampres dan memberikannya kepada pedagang tersebut.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Kompleks Pertamina Hulu Rokan (PHR), Riau, pada hari yang sama.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi tampak mengenakan baju adat Teluk Belanga dari Riau, yang berwarna hitam dengan motif emas.

Penampilannya dilengkapi dengan penutup kepala bernama Tanjak, yang berwarna dan bermotif senada dengan bajunya.

Terkini

Terpopuler