Dinsos Catat Sebanyak 13.261 Orang di Pekanbaru Telah Terima BST BB

Ahad, 18 September 2022 | 20:54:26 WIB

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melalui Dinas Sosial (Dinsos) mencatat sebanyak 13.261 orang telah menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Bahan Bakar Minyak (BBM).

Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru Idrus mengatakan, di Kota Pekanbaru proses penyaluran BST BBM sudah mencapai 86,20 persen atau sebanyak 13.261 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Kami terus melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap pelaksanaan program BST BBM ini. Kami juga sudah melakukan koordinasi kepada pihak penyalur yaitu PT Pos Indonesia dan dengan mitra sosial lainnya seperti TKSK serta Pendamping PKH," ujarnya, Minggu (18/9/2022).

Adapun jumlah penerima BST BBM di Kota Pekanbaru mencapai 15.383 KPM. Untuk diketahui, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial menggelontorkan Rp12,96 T yang ditujukan kepada 20,65 juta KPM penerima BST BBM.

Sementara total bantuan yang diterima Rp 150 ribu per bulan. Bantuan akan diberikan untuk 4 (empat) bulan, September hingga Desember 2022. Namun, mekanisme penyalurannya dibagi dalam dua tahap.

Tahap pertama September Rp300 ribu dilanjutkan nanti pada tahap keduanya pada November, senilai Rp 300 ribu lagi. Sehingga total bantuan per KPM sebesar Rp600 ribu. Penyaluran bantuan dilakukan oleh PT Pos Indonesia.

Sasaran penerima BST BBM sendiri adalah KPM Program Sembako/BPNT dan Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial. Adapun data yang digunakan tetap berbasis pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Terkait data penerima bansos, masyarakat dapat mengecek melalui laman cekbansos.kemensos.go.id dan di dalamnya terdapat fitur "Usul Sanggah". Setiap warga masyarakat bisa melakukan pengecekan apakah datanya termasuk sebagai penerima Bansos Kemensos atau tidak. 

Terkini

Terpopuler