Pemko Pekanbaru Evaluasi BUMD 'Sakit', Satu Persatu Direksi Mulai Dipanggil

Senin, 04 Juli 2022 | 14:21:14 WIB
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tengah mengevaluasi kinerja direksi seluruh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun telah memanggil beberapa direksi BUMD dibawah naungan pemerintah kota. 

Muflihun mengatakan, dirinya bakal memanggil seluruh direksi BUMD satu per satu. Dirinya ingin mengetahui kendala dan persoalan yang ada pada BUMD tersebut. Pasalnya, beberapa BUMD milik Pemko Pekanbaru dalam kondisi "sakit". Beberapa BUMD dinilai membebani APBD Pekanbaru. 

"Kita mau evaluasi juga kan, untuk apa BUMD kalau tidak ada menghasilkan (Pendapatan Asli Daerah)," ujar Muflihun, Senin (4/7/2022). 

Menurutnya, salah satu direksi BUMD yang telah dilakukan pemanggilan adalah PDAM Tirta Siak. Salah satu permasalahan yang muncul saat ini adalah terkait layanan suplai air bersih ke masyarakat. 

Sejumlah sambung rumah tangga (SR) terputus akibat adanya pipa dalam tanah pecah. Sejumlah pelanggan pun tidak dapat layanan air bersih. 

"Saya dapat laporan tadi pagi ada pipa PDAM pecah. Kita akan hubungi pihak IPAL. Karena posisi galian IPAL sendiri banyak ber bentrokan dengan pipa PDAM. Sementara pipa-pipa PDAM ini sudah uzur," terang Muflihun. 

Selain itu, ia telah meminta data terkait laporan layanan dan pendapatan air bersih ke masyarakat. Ia meminta langsung kepada Direktur PDAM Tirta Siak, Agung Anugrah. 

"Saya minta data semua lengkap. Semalam baru direksi PDAM saja yang dipanggil. (BUMD) yang lain menyusul (panggil)," pungkasnya. 

Terkini

Terpopuler