Lima Jenis Sambal Indonesia yang Menggugah Selera, Apa Saja?

Senin, 13 Juni 2022 | 08:19:44 WIB
Sambal matah lezat (Foto: inst)

Riauaktual.com - DI Indonesia, terkenal macam-macam sambal yang hadir menemani dan menambah cita rasa makanan. Beberapa orang yang memang pencinta sambal, belum lengkap rasanya jika makan tanpa sambal dan menu apa pun terasa hambar bila belum dicocol sambal.

Meski masakan Indonesia sendiri sebenarnya sudah kaya akan bumbu dan rempah, sensasi pedas dari sambal bisa meningkatkan cita rasa sebuah makanan.

Jadi apapun jenis makanannya, sambal selalu dicari guna melengkapi hidangan.

Berikut ini macam sambal Ikhas Indonesia yang banyak wajib dicoba yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 sambal terasi

1. Sambal Terasi

Sambal terasi adalah sambal klasik yang paling umum dimasak keluarga Indonesia. Aneka cabai (biasanya cabai merah), beberapa bumbu, plus terasi, diulek jadi satu di atas cobek.

Sambal ini bisa disandingkan dengan semua jenis masakan rumahan, mulai dari sayuran, gorengan, hingga daging.

2. Sambal Bajak

Macam sambal yang satu ini paling mudah ditemukan di daerah Jawa Timur atau Jawa Tengah. Biasanya sambal bajak selalu disediakan dengan cuma-cuma di warung makan. Meski menggunakan kata ‘bajak’, macam sambal ini tidak ada hubungannya dengan bajak laut.

Banyak yang mengatakan, nama tersebut diberikan karena sambal ini dulunya menjadi menu yang disajikan oleh istri-istri para petani yang sedang membajak sawah. Karakter sambal bajak lekat dengan rasa pedas dan manis.

3. Sambal Matah

Sambal matah termasuk ke dalam sambal iris, untuk membuatnya semua bahan hanya perlu diiri-iris. Sambal matah ini khas dari Bali. Rasa pedas dari sambal matah sangat terasa, sebab sambal ini tidak dimasak melainkan mentah atau matah dalam bahasa Bali. Cabai merah, bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk limau, garam dan minyak dicampur jadi satu.

4. Sambal Kecap

Macam-macam sambal khas Nusantara yang juga perlu Moms tahu cara membuatnya adalah sambal kecap.

Cara membuat sambal kecap sangat mudah, yakni cukup menambahkan kecap ke potongan cabai rawit, bawang, dan lainnya

5. Sambal Ijo

Macam sambal di Nusantara yang lainnya adalah sambal ijo. Sambal pada umumnya memiliki warna merah yang mengunggah selera. Namun, sambal satu ini justru berbeda karena warnanya adalah hijau. Sambal ini berasal dari Padang, kata ijo adalah bahasa lokal yang merujuk kepada warna sambal, yaitu hijau.

Bahan utama untuk membuat sambal ini adalah cabai hijau sehingga warna sambal pun sesuai dengan warna cabai yang dipakai. Racikannya sendiri terdiri dari cabai hijau, bawang merah, bawang putih, dan tomat hijau. Biasanya sambal ijo banyak ditemukan di makanan khas Padang.

 

 

 

Sumber: Okezone.com

Terkini

Terpopuler