Diikuti 29 Sekolah, DLH Bengkalis Gelar Sosialisasi Gerakan PBLHSI

 

Riauaktual.com -  Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis menggelar sosialisasi gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah  (PBLHSI) tahun 2021.

Kegiatan PBLHSI tersebut digelar selama dua hari, di salah satu hotel di kabupaten Bengkalis, jumat (25/03/2021) turut dihadiri perwakilan masing masing sekolah jumlah ada 29 sekolah. Selain itu hadir dari 11 kecamatan dan 8 Korwilcam.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis H Arman AA yang diwakilkan Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan H Limin mengatakan, sosialisasi gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS) tahun 2021 agar pihak sekolah mampu menciptakan ramah lingkungan dalam pengelolaan dilingkungan sekolah bahkan masyarakat dan juga mengajarkan kepada siswa agar bagaimana menjaga lingkungan.

“Pemerintahan kabupaten Bengkalis dalam hal ini dinas lingkungan hidup Bengkalis sangat mendukung pencapaian standar kompetensi dasar untuk pendidikan sekolah dasar menengah (SMA). Meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui konservasi atau
penghematan dan pengurangan penggunaan dari berbagai sumber daya energi,” ungkap H Limin kepada sejumlah wartawan usai acara.

H Limin juga mengatakan, apabila lingkungan sekolah sangat nyaman, tentunya menciptakan kebersamaan di lingkungan sekolah dan kondisi belajar mengajar tampak bersih dan kondusif.

“Untuk itu, sosialisasi gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah  (PBLHSI) tahun 2021 sangat penting dilaksanakan. Agar pembelajaran nilai nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar,” ujarnya.

Penerapan perilaku ramah lingkungan hidup (PRLH) untuk lingkungan sekolah dan masyarakat di sekitar sekolah maupun daerah sangatlah penting. Dijelaskanya, tentunya sangat diperlukan adanya evaluasi gerakan peduli dan berbudaya lingkungan di sekolah sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

“Selain sosialisasi pihaknya juga memberikan apresiasi kepada 29 sekolah yang telah melaksanakan gerakan ramah lingkungan tersebut. Dari hasil evaluasi tim, pelaksanaan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan di sekolah yang telah melibatkan kepala sekolah, dan siswa serta masyarakat dinilai berhasil selama ini,” sebutnya.

“Pihaknya juga nantinya memberikan penghargaan Adiwiyata berpedoman dengan menggunakan permen LHK nomor 52 tahun 2019 tentang gerakan peduli dan berbudaya lingkungan di sekolah dan permen LHK nomor 53 tahun 2019 tentang penghargaan Adiwiyata,” akhirnya menjelaskan. (Galeri)

Usai sosialiasi gerakan PBLHSI H Limin berfoto bersama dengan kepsek

Terlihat narasumber antusias mengikuti sosialisasi gerakan PBLHSI

Peserta sosialisasi gerakan PBLHSI berfoto bersama

Peserta perwakilan dari sekolah terlihat serius mengikuti sosialisasi gerakan PBLHSI

Pejabat administator memberikan pengarahan

Para guru dan peserta lainnya berfoto bersama usai acara

Narasumber memberikan pengarahan kepada pihak peserta sekolah

Korwilcam dan tamu undangan dari kecamatan berfoto bersama

H Limin memberikan sambutan

Cetak