DP3A Bengkalis Taja Peningkatan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera

 

GALERI 11 FEBRUARI 2021

BENGKALIS -  Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis taja kegiatan Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tahun 2021.

Kegiatan tersebut berlangsung di desa Kuala Alam Kecamatan Bengkalis kabupaten Bengkalis Rabu, (10/02) sekitar pukul.14.00 WIB.

Kegiatan ini juga merupakan jejaring antar lembaga dan penyedia layanan peningkatan kualitas keluarga ditingkat daerah, merupakan upaya dan gerakan bersama antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas hidup perempuan dalam berbagai bidang kehidupan, antara lain dibidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial budaya. 

Hal itu demikian dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis H Raja Airlangga melalui Kepala Bidang Kualitas Hidup dan Perlindungan Perempuan kabupaten Bengkalis, Hj. Yusnani mengungkapkan bahwa peran perempuan perlu ditingkatkan karena selama ini memang perempuan kurang berperan dalam pembangunan.

“Perempuan sangat potensi dan sangat mampu mengaktualisasikan dirinya diberbagai bidang kehidupan seperti bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial budaya asalkan perempuan diberikan kesempatan untuk mengembangkan eksistensi pada dirinya,” terang Yusnani.

Lanjut Yusnani,  sebagai anggota masyarakat yang jumlah penduduk nya sama banyak nya dengan laki - laki, sudah seharusnya perempuan mengambil peran strategis dalam pembangunan, peran perempuan menjadi kekuatan yang perlu diperhitungkan untuk memberikan konstribusi penuh dalam menyukseskan program nasional.

“Perempuan juga harus terus bisa mengembangkan potensi diri, selain itu harus kritis dalam menyikapi isu - isu yang sedang berkembang dalam masyarakat. Keterlibatan perempuan menjadi syarat mutlak dalam upaya mewujudkan pembangunan yang berkeadilan, negara tidak mungkin sejahtera jika para perempuannya dibiarkan tertinggal, tersisihkan dan tertindas,” ujarnya.

Selain itu, Yusnani juga menambahkan, para ahli mengatakan bahwa negara dan bangsa yang tidak menghormati perempuan tidak akan pernah menjadi besar baik saat ini maupun dimasa yang akan datang.

"Kita menginginkan kaum perempuan harus terlibat disegala bidang, baik dalam kancah politik, pemerintahan dan organisasi masyarakat. Keterlibatan perempuan merupakan amanah konstitusi yang berlaku dinegara kita," Kata Yusnani

Menurutnya, suatu alasan mendasar sebagai penyebab kejatuhan bangsa secara drastis adalah karena tidak memiliki rasa hormat pada kehidupan kaum perempuan. Jadi oleh karena itu, negara dan pemerintah hadir membuat berbagai kebijakan program dan kegiatan terkait dengan peningkatan kualitas hidup kaum perempuan diberbagai bidang kehidupan.

“Seperti dalam kegiatan ini salah satu upaya dalam rangka meningkatkan kualitas hidup perempuan, jika perempuan itu memiliki kualitas sehat dan cerdas tentunya itu merupakan modal untuk bergerak, berbuat dan berperan dalam memberikan konstribusi dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara,”katanya.

Dalam kegiatan ini merupakan program dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis berkolaborasi dengan salah satu tokoh perempuan kabupaten Bengkalis yang peduli dan konsent dengan hidup kaum perempuan yang ada di kabupaten bengkalis. Lalu lokasi dan sarana yang dipilih adalah kaum perempuan yang ada didesa Kuala Alam. (PUT)

Yusnani saat memberikan sambutan

Peserta berfoto bersama narasumber dan pejabat DP3A Bengkalis

Salah satu peserta saat memberikan sambutan

Peserta terlihat antusias mengikuti acara

Tokoh perempuan desa Kuala Alam saat memberikan sambutan

Antusias peserta memadati acara

Kepala DP3A Bengkalis H Raja Airlangga dan tamu undangan terlihat mendengarkan kata sambutan panitia penyelenggara

Kabid Yusnani saat memberikan pengarahan kepada peserta

Kepala DP3A Bengkalis H Raja Airlangga turut hadir bersama Ketua DPRD Bengkalis Khairul Umam dan tamu undangan

Cetak