Presiden Republik Indonesia dan Wakil Presiden Lakukan Kunjungan Kerja ke Riau

 

GALERI : 6 MARET 2020

Riauaktual.com - Dalam satu bulan belakangan Provinsi Riau dikunjungi dua petinggi negara. Seusai Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), selang beberapa hari setelahnya di susul Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

Ke datangan orang nomor satu di Republik ini bertepatan setahun kepemimpinan Gubernur Riau Syamsuar dan Edy Nasution sebagai Wakil Gubernur Riau. Setibanya di Kota Pekanbaru, melakukan rapat terbatas dengan gubernur dan forkopimda Riau di hari kedatangannya.

Malam harinya, Jokowi berkesempatan makan makanan khas melayu di sebuah resto di Jalan Ronggowarsito bersama Syamsuar, Kapolda Riau, Pangdam I/Bukitbarisan, Danrem 031/Wirabima dan sejumlah unsur forkopimda Riau lainnya.

Disamping itu, Jokowi didampingi Syamsuar juga meresmikan bangunan MTsN 3 Pekanbaru yang sudah direnovasi menggunakan dana APBN melalui Kementerian Agama wilayah Provinsi Riau.

Setelah itu, Jokowi melakukan peninjauan untuk melihat kemajuan pembangunan Tol Pekanbaru - Dumai yang sedang dikerjakan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI). Jokowi menegaskan jalan tol ini selesai dibangun akhir April 2020.

"Lebaran tahun ini mudah-mudahan sudah bisa dioperasionalkan," kata Jokowi.

Usai meninjau pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Dumai, Jokowi menyerahkan Surat Keputusan Perhutanan Sosial (SKPS) di Taman Hutan Raya (Tahura) Minas.

Di Tahura Minas, Jokowi berkesempatan menyerahkan secara simbolis SKPS untuk masyarakat Riau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK). Ada 41 SK untuk 41 kelompok seluas 73.670 hektar bagi 20.890 kepala keluarga (kk) di Riau. Berupa hutan desa, hutan kemasyarakatan dan hutan adat.

"Tanam tanaman yang produktif secara ekonomi. Sehingga memiliki manfaat bagi anggota kelompok dan kelompok dalam hutan adat. Jangan dibiarkan, hati-hati ya saya cek, saya ikuti loh," ungkap Jokowi.

Kabupaten di Riau yang mendapatkan SKPS, yaitu Kabupaten Bengkalis 583 hektar bagi 227 kepala keluarga. Kabupaten Indragiri Hilir 7.664 hektar bagi 3.503 kepala keluarga. Kabupaten Kampar 6.825 hektar bagi 1.536 kepala keluarga dan hutan adat seluas 408 hektar. Kabupaten Kepulauan Meranti 10.695 hektar bagi 2.469 kepala keluarga.

Lalu, Kabupaten Kuantan Singingi 4.731 hektar bagi 1.089 kepala keluarga. Kabupaten Pelalawan 14.815 hektar bagi 13.666 kepala keluarga. Kabupaten Rokan Hilir 2.126 hektar bagi 1.120 kepala keluarga. Kabupaten Rokan Hulu 17.243 hektar bagi 3.245 kepala keluarga. Kabupaten Siak 3.580 hektar bagi 520 kepala keluarga.

Jokowi juga berharap dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat, perkembangan pembangunan dan perekonomian di Riau lebih meningkat.

Sementara Wapres Republik Indonesia, Ma'ruf Amin mendatangi Provinsi Riau seraya berkunjung ke Rektorat UIN Suska. Disana Wapres sempat menjadi pembicara terkait keinginannya agar Indonesia bisa menjadi produsen halal terbesar di dunia. 

Ma'ruf mengatakan, kalau untuk urusan memberikan pengakuan dan sertifikat halal, Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi, baik dalam negeri maupun di luar negeri. Bahkan, sistem halal MUI ini juga sudah diakui oleh negara lain sebagai pelopor sistem jaminan produk halal.

"Tetapi itu tadi, kita masih jadi tukang stempel. Padahal kita ini konsumen halal terbesar di dunia. Tapi kita belum masuk nomor sebagai produsen halal. Makanya kita ingin tidak hanya memberi sertifikat halal saja. Tetapi juga menjadi produsen halal terbesar di dunia. Ini cita-cita kita," kata Ma'ruf Amin di aula lantai 5, Rektorat UIN Suska, Jumat (6/3/2020).

Untuk mewujudkan itu, maka pihaknya akan mulai mendorong pembangunan kawasankawasan halal di Indonesia.

"Saya juga sudah jualan dimana-mana soal kawasan halal. Dan nanti yang akan memulai membangun kawasan halal dan zona ekonomi syariah adalah Provinsi Riau," ujarnya.

Gubernur Riau Syamsuar mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau pekerjaan Tol Pekanbaru - Dumai.

Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Riau Syamsuar melihat progres pembangunan Jalan Tol Pekanbaru Dumai.

Wakil Gubernur Riau Edy Nasution menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo di Jalan Tol Pekanbaru - Dumai.
 

Presiden Joko Widodo di Tahura Minas, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Gubernur Riau Syamsuar mendampingi Presiden Joko Widodo saat melihat lingkungan sekolah MTsN 3 Pekanbaru.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin disambut Gubernur Riau Syamsuar saat tiba di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin didampingi Syamsuar saat di UIN Suska Riau.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin foto bersama dengan Gubernur Riau Syamsuar didampingi istri masing-masing.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat salat Jumat di Masjid Agung An Nur Pekanbaru bersama Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Gubernur Riau Edy Nasution dan warga Riau.

Istri Wakil Presiden RI Wury Estu Handayani (kiri) dan istri Gubernur Riau Hj Misnarni Syamsuar.

Cetak