Diresmikan Menpan RB, MPP Pekanbaru Terbaik di Indonesia

 

GALERI: 8 MARET 2019

Diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin, Rabu 7 Maret 2019 lalu, Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru dianggap sebagai tempat pelayanan terbaik di Indonesia.

Saat itu, Menpan RB berkesempatan meninjau satu per satu gerai pelayanan di MPP. Ia menyebut dari 14 MPP yang sudah diresmikan sejak tahun 2018 lalu, MPP Pekanbaru merupakan yang terlengkap. Pekanbaru khususnya Provinsi Riau pantas berbagang akan hal itu.

"Terdapat 173 pelayanan perizinan dan non perizinan yang dilayani. MPP Pekanbaru ini cukup luas ruanganya, yang melayani atau service nya cukup banyak, dan lengkap," sebut Manpan RB.

Menpan menjelaskan bahwa MPP merupakan inovasi pelayanan yang bertujuan memberi pelayanan berkualitas sehingga masyarakat bisa terlayani secara efisiens dan efektif.

"Ini adalah bagian pemberian pelayanan yang baik bagi masyarakat, mereka akan memperoleh pelayanan yang maksimal, dan di MPP juga memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan," jelasnya.

Sementara Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT menjelaskan kalau pembangunan MPP yang dibangun pada 2018 lalu itu merupakan komitmen pemerintah kota dalam menyukseskan program Kemenpan RB dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat dan pelaku usaha melalui pelayanan terpadu satu pintu.

"Awalnya, ibu Deputi Pelayanan Publik sempat ragu ketika kita lihatkan lokasi pembangunan. Namun kami optimis, 2018 dimulai pembangunan dengan merenovasi lantai dasar kantor walikota. Alhamdulillah, dalam waktu sangat pendek, 4 bulan, kami bisa menyelesaikan," ujar Firdaus bercerita.

Saat ini, lanjutnya, MPP dengan luas ruangan sekitar 4.000 meter persegi itu melayani sebanyak 173 perizinan dan non perizinan yang terdiri 96 perizinan ditangangi DMP-PTSP dan 77 pelayanan oleh 24 instansi pemerintah, lembaga, perbankan serta badan usaha milik daerah.

"Yang diresmikan hari ini atau tahap pertama adalah khusus untuk pelayanan. Nanti akan ada gedung B, Kantor Bappeda untuk pelayanan Disdukcapil. Untuk administrasi kependudukan ini 14 konter kami siapkan untuk pelayanan capil," pungkasnya.

Cetak