Kasus Aktif Covid-19 di Pekanbaru Cenderung Melandai  

Kasus Aktif Covid-19 di Pekanbaru Cenderung Melandai   
Asisten I Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Syoffaizal. (Istimewa)

Riauaktual.com - Status Kota Pekanbaru saat ini masih berada pada PPKM Level 1. Hal ini seiring kasus positif Covid-19 di Kota Pekanbaru cenderung melandai dalam satu bulan terakhir.

Data dari Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, ada penurunan sebanyak 58 kasus covid-19 dalam empat pekan belakangan. Pada awal September 2022 sempat mencapai 102 kasus. Sedangkan pada awal Oktober 2022 yang terdata mencapai 44 kasus.

Kebanyakan pasien yang terpapar covid-19 saat ini menjalani isolasi mandiri di sejumlah fasilitas layanan isolasi. Sedangkan yang mendapat perawatan medis di rumah sakit hanya tujuh orang.

"Kondisi kita saat ini kasus kita melandai, ada penurunan kasus cukup siginifikan dalam sebulan ini," ujar Asisten I Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Syoffaizal, Rabu (5/10/2022).

Tambahan kasus positif harian covid-19 saat ini tidak lebih dari 10 kasus. Pada Selasa (4/10/2022) hanya ada tambahan empat kasus. Dirinya mengimbau masyarakat tetap waspada dengan potensi penyebaran covid-19. Walau kondisi penyebaran kasus covid-19 saat ini di Kota Pekanbaru saat ini cendrung melandai.

Apalagi Kota Pekanbaru masih tetap menjalani penerapan PPKM Level 1. Penerapannya berlangsung selama satu bulan lebih mulai 4 Oktober 2022. Penerapan PPKM level 1 ini berlangsung hingga 7 November 2022.

Penerapan PPKM level 1 kali ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 46 tahun 2022. Instruksi ini tentang pemberlakuan PPKM level 1 serta mengoptimalkan posko Covid-19 dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19 di Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

"Walaupun sudah berada di PPKM Level 1, masyarakat tidak boleh abai prokes. Kita mesti tetap mewaspadai penyebaran virus. Selain itu ikuti vaksinasi dosis lengkap," pungkasnya. 

Berita Lainnya

index