Diskes Bengkalis Lakukan Pemeriksaan Berkala Anak Didik Pondok Pesantren 

Diskes Bengkalis Lakukan Pemeriksaan Berkala Anak Didik Pondok Pesantren 

Riauaktual.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis melaksanakan pembinaan anak usia sekolah dan remaja (penjaringan dan pemeriksaan berkala) di Pondok Pesantren Biquranic, Jumat (12/8/2022).

Kepala Bidang Pencegahan dan pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Bengkalis, Irawadi kepada wartawan mengatakan, kegiatan ini merupakan program rutin Dinas Kesehatan Bengkalis dalam pelayanan kesehatan anak wilayah kerja UPT Pukesmas Meskom.

"Ini merupakan kegiatan rutin kita laksanakan. Tadi kita melakukan scarning dan cek labotorium BTA untuk mengecek dahak untuk mengetahui kesehatan anak," ujaranya.

Selain itu pihaknya juga melakukan pemeriksaan Hb anak karena Hb anak ini sangat penting untuk menunjang semangat anak anak belajar. 

"Jika ada anak yang Hb-nya rendah kita berikan tablet tambah darah," tegasnya.

Penjaringan dan pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin. Kegiatan ini melibatkan Puskesmas Meskom dan tenaga kesehatan yang ada. 

Pemeriksaan kesehatan menjadi sangat penting dilakukan karena dapat menumbuhkan kesadaran peserta didik sejak dini untuk hidup bersih dan sehat yang dapat dimulai dari lingkungan sekolah dan dapat diterapkan dimanapun mereka berada.  Hasil pemeriksaan kesehatan segera ditindaklanjuti dan dapat digunakan untuk merencanakan program kesehatan di sekolah, madrasah dan pondok pesantren,

"Kedepan kita akan melakukan kegiatan serupa di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bantan Tua," tutupnya. (inf)

Berita Lainnya

index