Usai Lebaran, Pengunjung TPU Air Gemuruh Membludak 

Usai Lebaran, Pengunjung TPU Air Gemuruh Membludak 
Masyarakat Kenegrian Pulau Busuk, Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuantan Singingi menggelar tradisi ziarah kubur

Riauaktual.com - Masyarakat Kenegrian Pulau Busuk, Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuantan Singingi menggelar tradisi ziarah kubur ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Air Gemuruh. Kegiatan ini dilaksanakan usai lebaran.

Dari pantauan riauaktual.com di TPU Air Gemuruh, Desa Pulau Busuk Jaya, Senin (9/5/2022), tampak warga berbondong-bondong datang menabur bunga, berdoa, dan membaca surat Yasin. Bahkan sesekali suara lirih dan isak tangis masih terdengar dari peziarah.

Ziarah kubur ini adalah salah satu tradisi pada momen lebaran, ziarah kubur ini dilakukan 1 Minggu usai lebaran atau usai puasa ke enam pada bulan Syawal.

Di hari Idul Fitri, umat Islam menyempatkan diri untuk tidak hanya bersilaturahmi dengan kerabat yang masih hidup, tetapi juga dengan yang telah meninggal dunia.

Ketika berziarah, mereka memanjatkan doa untuk orang tua maupun kerabat yang telah tiada.

Memohonkan ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan almarhum semasa hidup, dan meminta agar mereka yang sudah meninggalkan dunia diterima amal baiknya.

Setelah melakukan ziarah kubur, masyarakat sekitar  berkumpul di rumah suku (rumah Godang) masing-masing suku.

Perlu di ketahui dikenegrian pulau busuk terdiri dari beberapa suku. Diantaranya Caniago Bodi, Caniago Galuguah, Caniago Air Muruh, Paliang, Paliang Soni, Paliang Bukik, Muaro Ili, Melayu Godang, Melayu Tigo Nini dan Melayu Topi Sopan.

Salah satu kepala suku (takampuang) dari Melayu Tigo Nini Mudari saat berbincang dengan Riauaktual.com  mengatakan, tradisi ziarah kubur ini merupakan tradisi turun temurun, sehingga sampai saat ini masih di lestarikan.

"Usia melakukan ziarah kubur, semua masyarakat akan berkumpul di rumah suku (rumah Godang) nya masing masing. Dirumah Godang itu nantinya akan melakukan makan bersama serta berdoa.dan juga nanti akan ada arahan dari takampuang,'' jelasnya.

Berita Lainnya

View All