Raih Penghargaan Terbaik  Nasional, Kadis DPK Siak, Ini Kerja Keras Semua Pihak

Raih Penghargaan Terbaik  Nasional, Kadis DPK Siak, Ini Kerja Keras Semua Pihak

Riauaktual.com - Sebuah prestasi yang membanggakan di toreh oleh Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) diujung tahun 2021.

Penghargaan itu, berupa penghargaan terbaik nasional dalam Implementasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

Kepala Dinas DPK Muhammad Arifin menuturkan, penghargaan tersebut diraih dikarenakan perpustakaan daerah Siak mampu mengimplementasikan program TPBIS.
 
“Kami melakukan perubahan pada layanan yang selama ini terfokus pada layanan peminjaman dan pengembalian buku saja
yang belum terselenggara secara optimal dan profesional menjadi tempat pusat kegiatan masyarakat untuk belajar, berlatih secara gratis dan tanpa batas umur (inklusif),"terang Arifin.

Arifin menjelaskan, hal ini sesuai dengan amanat Nasional UUD Perpustakaan Nomor 43 tahun 2007. Dimana perpustakaan menjadi tempat pembelajaran masyarakat sepanjang hayat.

Kata dia, pihaknya sudah tiga kali menerima penghargaan tersebut, dimulai sejak tahun 2019, 2020.

"Tahun ini, dua perpustakaan kampung, juga meraih penghargaan. Karena mampu menyelenggarakan kegiatan inklusi sosial bagi masyarakat kampung dan menciptakan masyarakat yang sejahtera, sesuai semboyan program transformasi ini, yaitu literasi untuk kesejahteraan,"ungkapnya.

Arifin menerangkan, perpustakaan kampung yang meraih penghargaan nasional adalah Perpustakaan Desa Angin, Kampung Mandi Angin, Kecamatan Minas. Dan Perpusdes Muara Kelantan Kecamatan Sungai Mandau.

Kemudian lomba video dampak diraih Perpusdes hasil replikasi mandiri Pusda Siak, yaitu Perpusdes Lentera Dayang Suri Kecamatan Bungaraya. 

“Apa yang diraih ini adalah kerja keras, kerja cerdas dan kerja sama semua pihak terkait. Baik internal maupun ekternal. Mudah-mudahan, ini menjadi motivasi dan komitmen dalam melaksanakan serta melanjutkan program TPBIS pada tahun-tahun mendatang," harap Arifin. 

Selain itu, kata Arifin, Kasi Pengembangan Tenaga Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Anita, S S, meraih penghargaan Honorable Mention (insan pegiat literasi) secara nasional yang merupakan PIC (person in charge) program transformasi dari Kabupaten Siak.

"Anita juga berhasil menjadi juara pada  lomba foto Instagram yang menampilkan kegiatan inklusi bimbel gratis untuk Siswa SD,"sebutnya.

Pengumuman penghargaan tersebut, kata Arifin, disampaikan pihak Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI bersama Tim Pendamping Program TPBIS melalui Peer Learning Meeting (PLM) yang juga merupakan puncak pelaksanaan Program TPBIS, Kamis (2/12/2021) kemaren via virtual. 

"Dihadiri 600 lebih peserta dari DKPUS Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Pengelola Perpustakaan Desa se-Indonesia," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index