Perlancar Roda Pemerintahan, Pemprov Riau Tunjuk Plt Gantikan Indra Agus Yang Ditahan Jaksa 

Perlancar Roda Pemerintahan, Pemprov Riau Tunjuk Plt Gantikan Indra Agus Yang Ditahan Jaksa 
Indra Agus Lukman. Foto: Internet

Riauaktual.com - Tiga hari berselang sejak penahanan Indra Agus Lukman selaku Kepala Dinas Energi Sumber Daya Meniral (ESDM) Riau, Pemerintah Provinsi Riau, langsung menunjuk Pelaksana Tugas (Plt), untuk memperlancar jalannya roda pemerintahan.

Adapun nama yang ditunjuk ialah, Ade Yudistira, yang sebelumnya merupakan sekretaris di ESDM Provinsi Riau.

Informasi disampaikan, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan, Kamis (14/10/2021). 

"Iya, untuk memperlancar roda pemerintahan. Ade Yudistira sebelumnya sekretaris ESDM Riau, diangkat menjadi Plt Kadis," terang Ridwan.

Atas penunjukan ini, otomatis status Indra Agus Lukman, saat ini dibebaskan dari tugasnya sebagai kepala ESDM Riau. 

Keputusan ini, menurut Ridwan diambil agar Indra Agus Lukman, dapat fokus dalam menjalani proses hukum yang saat ini sedang berjalan.

Sebelumnya, Indra Agus Lukman, ditahan Jaksa Pidana Khusus Kuansing, atas dugaan korupsi Bimtek dan Pembinaan Bidang Pertambangan serta akselerasi ke Provinsi Bangka Belitung yang dilakukan Dinas ESDM Kabupaten Kuansing itu bersumber dari APBD 2013-2014 sebesar Rp765.512.700. Jaksa menduga ada kerugian negara Rp500.176.250.

Kasus yang menyeret Indra ini, juga turut dikomentari Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Haryanto. Bahwa dalam perkara dugaan korupsi yang dilakukan bawahannya itu, pihaknya tidak menyediakan bantuan hukum.

"Saya tegaskan, kalau seorang ASN tersangkut perkara korupsi dan narkoba, kita tidak berikan bantuan hukum," tegas SF Haryanto.

Meski begitu, Sekdaprov mengatakan, Pemprov Riau menghormati proses hukum dan tetap terapkan asas praduga tak bersalah atas ditetapkannya Kepala Dinas ESDM Provinsi Riau, Indra Agus Lukman sebagai tersangka oleh Kejari Kuantan Singingi (Kuansing).

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index