Peduli Kesehatan, Tim Kukerta Balek Kampung UNRI Lakukan Cek Kesehatan Gratis dan Sosialisasi Vaksin

Peduli Kesehatan, Tim Kukerta Balek Kampung UNRI Lakukan Cek Kesehatan Gratis dan Sosialisasi Vaksin

Riauaktual.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau laksanakan cek kesehatan gratis dan sosialisasi vaksin kepada masyarakat di Desa Air Panas, Kecamatan Pendalian IV Koto. Kegiataan ini dilakukan setiap hari selama masa KKN tersebut dilaksanakan.

Cek keshatan gratis ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB- 21.00 WIB di posko tim kukerta. 

Cek kesehatan yang diadakan berupa pengukuran berat badan, tinggi badan, cek tensi, suhu tubuh, gula darah, kolesterol, dan asam urat. Selain itu, masyarakat juga dapat berkonsultasi mengenai kesehatan mereka secara gratis. Kegiatan ini dilakukan oleh salah satu anggota tim KKN dari program studi Pendidikan Kedokteran, Rahmani Agus.

“Tujuan cek kesehatan gratis ini dilakukan untuk mengetahui kualitas kesehatan masyarakat di Desa Air Panas dan meningkatkan kepedulian Tim Kukerta terhadap masyarakat sekitar Desa Air Panas,” kata Rahmani Agus.

Cek kesehatan ini dibarengi dengan sosialisasi vaksin dalam bentuk gantungan kunci bertuliskan “Skuy Vaksinasi”. Setiap warga yang datang untuk cek kesehatan akan diberi gantungan kunci. Selain itu, tim kukerta juga membagikan masker untuk warga yang datang tetapi tidak memakai masker.
 
Kegiatan cek kesehatan ini mendapat dukungan dari Kepala Desa Air Panas, Rahayu. Ia mengucapkan terimakasih kepada tim KKN yang sudah mengadakan cek kesehatan gratis ini. 

"Semoga kegiatan ini menjadi amal ibadah untuk teman-teman sekalian," tuturnya.

Beliau juga berpesan agar tim dan masyarakat tetap menjaga prokes.

Antusias warga untuk cek kesehatan cukup tinggi. Hampir setiap hari ada warga yang datang ke posko untuk mengecek kesehatannya. Mayoritas warga yang datang adalah pasien lanjut usia.
 
Salah satu warga, Maryati (57) mengaku terbantu dengan adanya kegiatan ini. 

“Saya merasa terbantu dengan adanya cek kesehatan gratis ini. Biasanya kalau cek di rumah sakit harus bayar, sekarang mumpung gratis saya datang,” jelasnya.

Warga lain, Suhar (44) mengatakan di Desa ini belum pernah ada kegiatan seperti ini sebelumnya.

“Alhamdulillah sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat banyak karena sebelumnya di Desa belum ada cek kesehatan gratis seperti ini,” ungkapnya, Rabu (21/7/2021).

Informasi terkait cek kesehatan gratis ini langsung disampaikan ke warga ketika ada pertemuan bersama warga. Mengingat banyak warga Desa Air Panas yang memiliki Facebook, informasi ini juga disebarkan melalui postingan di Fecebook. Harapannya semoga informasi tersebut makin tersebar luas dan makin banyak warga yang terbantu.

“Harapannya dengan dilakukan cek kesehatan gratis ini semoga bisa membantu masyarakat Desa Air Panas untuk mengetahui kondisi kesehatannya tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun,” ujar  Rahmani Agus lagi.
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index