Terkait Penyerangan Petugas, Ini Kata Bea Cukai Riau

Terkait Penyerangan Petugas, Ini Kata Bea Cukai Riau
Mobil dinas Bea-Cukai Riau diserang massa tak dikenal di Pekanbaru. (Istimewa)

Riauaktual.com - Pihak Kantor Wilayah DJBC Riau, angkat bicara mengenai peristiwa penyerangan sekelompok orang terhadap petugas bea cukai, yang terjadi di Jalan Juanda, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Senin (19/4/2021) malam.

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kantor Wilayah DJBC Riau, Hartono Sutarjo memastikan peristiwa penyerangan terjadi saat anggotanya tengah melakukan pengejaran target operasi yang diduga membawa rokok ilegal.

Sebelum penyerangan, kata Hartono, pada hari itu sekitar pukul 21.00 WIB Tim Penindakan dan Penyidikan Kanwil DJBC Riau menerima informasi dari masyarakat bahwa ada yang membawa rokok illegal menggunakan mobil X-pander dengan nopol BM 1554 VH.

Target yang sudah terpantau, langsung di kepung tiga tim termasuk tim yang menggunakan motor, untuk dihentikan.

Sekitar pukul 23.00 WIB, tim yang menggunakan motor sebelumnya terus mengikuti langsung menghentikan target di Jalan Juanda.

''Jadi setelah dihentikan, petugas memperkenalkan diri dengan menunjukkan identitas dan surat tugas. Lalu meminta pengemudi mobil target untuk membuka kaca mobil tersebut. Namun tidak diindahkan oleh yang bersangkutan,'' kata Hartono, Selasa (23/4/2021). 

Sekitar 45 menit kemudian, yakni pada pukul 23.45 WIB tiba-tiba muncul 3 mobil yang berisikan kurang lebih 15 orang dan menyerang Tim Bea Cukai yang melakukan penindakan.

''Paska insiden tersebut, salah satu mobil operasional Tim Bea Cukai diserang menggunakan batu dan rusak parah. Dua anggota Tim Bea Cukai terluka karena mencoba mempertahankan mobil tersebut dari rampasan pelaku, dimana satu orang mengalami luka parah dikepala dan segera dilarikan ke Rumah Sakit terdekat dan satu orang lainnya mengalami luka ringan,'' jelas Hartono.

Akibat serangan itu, mobil yang diduga membawa rokok ilegal dan rombongan OTK tersebut berhasil melarikan diri. 

''Saat ini Tim Bea Cukai tengah melakukan koordinasi dengan Polresta Pekanbaru,'' ujar Hartono.

Kemudian, untuk menindaklanjuti insiden tersebut. Mobil operasional yang diserang dibawa ke Polresta.

Video detik-detik penyerangan (istimewa)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index