Ayo Lakukan 6 Hal Ini Supaya Mudah Bangun Pagi Tanpa Bantuan Alarm

Ayo Lakukan 6 Hal Ini Supaya Mudah Bangun Pagi Tanpa Bantuan Alarm
Ilustrasi bangun pagi. (Foto: Gpointstudio/Freepik)

Riauaktual.com - BANGUN pagi adalah hal sulit bagi sebagian orang. Ini karena mereka tidak terbiasa bangun saat pagi hari. Keadaan itu harus segera diatasi supaya dapat dengan mudah bangun pagi mengandalkan naluri diri sendiri, bukan bantuan alarm jam.

Banyak manfaat yang didapat jika selalu bangun pagi. Selain membuat tubuh lebih sehat, aktivitas pun bakal lebih produktif.

Langsung saja, berikut ini cara melatih diri bisa dengan mudah bangun pagi, seperti dirangkum dari laman Healthline, Minggu (18/4/2021).

1. Mengatur jadwal tidur

Terbiasalah tidur lebih awal supaya mudah bangun pagi. Waktu tidur yang baik disarankan 7 hingga 9 jam per malam. Ulangi kebiasaan tidur dan bangun di jam yang sama. Maka dengan sendirinya tubuh akan mengatur jadwal tidur dengan alami.

Ilustrasi bangun tidur. (Foto: User18526052/Freepik)

2. Perbaiki rutinitas waktu tidur

Saat menjelang tidur, hindarilah mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Ini dapat membuat tubuh menjadi tetap terjaga. Baiknya cobalah kegiatan yang dapat menenangkan, seperti membaca atau mandi air hangat. Lalu hindarilah kegiatan yang menyebabkan sulit tidur, di antaranya memainkan ponsel menjelang waktu tidur.

3. Memakan makanan sehat

Makanlah makanan yang sehat. Ini bisa meningkatkan energi dan membuat tidur lebih nyenyak. Sebaiknya konsumsi buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, serta makanan yang mengandung tinggi asam lemak omega-3.

4. Olahraga teratur

Olahraga terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi insomnia. Hal ini juga bisa meningkatkan tingkat energi dan mengurangi rasa kelelahan.

5. Menikmati matahari

Siang hari membantu mengatur ritme sirkadian dan meningkatkan kualitas tidur. Sinar matahari di pagi hari dapat membantu meningkatkan suasana hati dan tingkat energi selama satu hari penuh.

6. Obati gangguan tidur

Jika merasakan gangguan tidur, ada baiknya konsultasikan dengan dokter yang ahli di bidangnya. Apabila didiagnosis mengalami gangguan tidur, seperti insomnia kronis atau sindrom kaki gelisah (restless leg syndrome/RLS), dengan bantuan pengobatan dapat membantu tertidur dan dapat bangun dengan kondisi lebih baik.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index