Ini Dia Cara Menjaga Keuangan yang Baik Ketika Bulan Ramadhan

Jumat, 16 April 2021 - 09:12:05 WIB Di Baca : 418 Kali


Riauaktual.com - Kalian semua pernah merasakan atau tidak kenapa puasa bulan ramadhan pengeluaran keuangan malah semakin tidak terkendali atau bahkan terbilang boros?

Menanggapi hal tersebut pakar keuangan Ligwina Hananto akhirnya angkat bicara, dirinya mengatakan ternyata pengeluaran di bulan ramadhan itu ada lima kategori.

Tiga di antaranya adalah kategori yang banyak mengalami perubahan, yaitu pengeluaran rutin, lifestyle, dan sosial.

Pengeluaran rutin bisa dilihat dari pengeluaran sehari-hari. Misalnya, jika biasanya di bulan biasa ada makan siang, di bulan puasa pengeluaran ini tidak ada.

Namun, akibatnya pengeluaran di rumah menjadi lebih besar karena ingin menyiapkan makanan buka dan sahur yang terbaik untuk keluarga.

“Pengeluaran yang paling sering terjadi ketika bulan puasa yakni pengeluaran life style. Seperti bukber yang memerlukan budget luar biasa” ujar Ligwina sebagaimana dilansir dari Pojoksatu.id.

Sedangkan pengeluaran sosial terkait dengan sedekah atau keinginan untuk berbagi lebih.

Tak hanya bagi yang berpuasa, mereka yang beragama lain pun juga banyak ikut memberikan sebagian penghasilan mereka untuk kegiatan sosial.

Karena perubahan-perubahan itulah yang menjadikan pengeluaran di bulan ramadhan menjadi lebih besar. Maka jangan heran ya kalo kamu banyak mengeluarkan uang.





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com