Cegah Penyebaran Covid-19, Firdaus Imbau Masyarakat Buka Puasa di Rumah

Cegah Penyebaran Covid-19, Firdaus Imbau Masyarakat Buka Puasa di Rumah
Walikota Pekanbaru, Firdaus. Foto: Ist

Riauaktual.com - Antisipasi penyebaran Covid-19, Walikota Pekanbaru, Firdaus, Rabu (14/4/2021) kemarin mengimbau masyarakat agar berbuka puasa di rumah bersama keluarga.

Jikapun ada sebagian masyarakat yang mengagendakan berbuka puasa bersama, hanya bisa mengisi 50 persen dari kapasitas tempat. "Mereka juga harus disiplin dalam mengikuti protokol kesehatan," jelas Firdaus.

Hotel dan restoran yang menyediakan fasilitas buka bersama harus membatasi jumlah pengunjung. Mereka hanya bisa mengisi 50 persen dari kapasitas yang ada.

Ada sejumlah ketentuan di zona merah selama PPKM mikro. Ia menegaskan tidak boleh ada kerumunan di zona tersebut selama PPKM.

Aktivitas rumah ibadah, tempat bermain anak hingga ruang publik tutup sementara. Masyarakat bisa melaksanakan ibadah untuk sementara di rumah.

Firdaus mengingatkan agar masyarakat di zona merah tetap mengikuti protokol kesehatan mencegah Covid-19. Para pelaku usaha di wilayah RW yang menerapkan PPKM juga wajib menyediakan fasilitas penunjang protokol kesehatan.

"Mereka juga harus melakukan deteksi dini penyebaran covid di tempat usahanya, dan memperketat protokol kesehatan di tempat usahanya," jelasnya.

Pelaku usaha nantinya wajib menutup usaha untuk sementara. Apabila terdapat kasus positif covid-19 di tempat kerja.

Diketahui, dari 15 kecamatan, wilayah yang menerapkan PPKM yakni, RW 04 Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan raya. Dan RW 06 Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai. (Fir)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index