Di Bulan Puasa 4 Kebiasaan Makan Buruk Jangan Kamu Terapkan

Di Bulan Puasa 4 Kebiasaan Makan Buruk Jangan Kamu Terapkan
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Yang harus tipstrenners semua ketahui, puasa sejatinya bukan hanya menahan lapar dan haus selama kurang lebih dari 12 jam saja.

Melainkan juga banyak sekali manfaat yang timbul bagi kesehatan. Salah satunya yakni meningkatkan kerja sistem pencernaan dalam tubuh kita.

Dikutip dari Pojoksatu.id, lalu makanan apa saja yang harus dihindari ketika bulan puasa? Please tinggalkan kebiasaan buruk ya guys.

1. Buka dan Sahur Memilih dengan Makanan Siap Saji

Mengisi perut saat bulan puasa, terutama saat sahur dan berbuka, memang sangat diharuskan. Sebab jika tidak makan ketika sahur atau berbuka bisa jadi akan menimbulkan penyakit bagi tubuh seperti timbulnya maag.

Namun, kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah buka puasa bersama di restoran siap saji.

Misalnya seperti keripik, mi instan, dan makanan lainnya yang kurang bernutrisi dan harusnya tidak boleh digunakan sebagai asupan makanan.

Karena dengan makanan tersebut kita tidakn akan mendapatkan nutrisi yang baik dan malah akan menjadikan tubuh terasa lemas.

2. Kurangi Makanan Berminyak dan Mengandung Gula yang Tinggi

Makanan yang digoreng mengandung minyak yang tinggi. Sehingga, biasanya akan sulit dicerna oleh tubuh. Terutama ketika kita memakan makanan tersebut saat pertama berbuka puasa.

Gunakan pemanis alami seperti madu atau gula dari tebu, atau makanlah buah-buahan untuk pengganti makanan atau minuman manis.

Makanan atau minuman manis akan lebih cepat dicerna, dan hal itu akan membuat lebih cepat merasa lapar.

3. Mengonsumsi Banyak Karbohidrat

Karbohidrat akan berubah menjadi gula dan akan bereaksi pada tubuh setelah kita selesai makan.

Puasa berkepanjangan dapat menyebabkan keasaman pada lambung.

Kondisi ini dapat diperburuk dengan mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat saat berbuka, sehingga akan menyebabkan ketidaknyamanan pada perut dan juga gastritis.

4. Melewatkan Sahur

Melewatkan sahur ketika tengah berpuasa di bulan ramadhan memang sangat berisiko menimbulkan penyakit terutama maag. Karena perut dipaksa harus kosong tanpa ada asupan makanan.

#

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index