Kadisdukcapil Kabupaten Pelalawan, Nifto Anin

Melalui Saber Mempro, Disdukcapil Pelalawan Berikan Pelayanan Prima

Rabu,23 Oktober 2019 - 17:10:26 WIB Di Baca : 342 Kali

Riauakual.com - Pelayanan prima adalah suatu pola layanan terbaik dalam manajemen modern yang mengutamakan kepedulian terhadap pelanggan. Namun saat ini tidak hanya di dunia bisnis atau usaha, pelayanan prima sudah di lakukan pemerintah daerah di Indonesia.

Salah satunya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) beberapa waktu lalu sudah mengeluarkan inovasi baru dalam mempermuda pelayanan di masyarakat.

Melalui inovasi baru yang bernama Satu Berkas Minimal Empat Produk (Saber Mempro) berupa pemberian NIK anak lahir, cetak KK baru, cetak akta lahir dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Loading...

"Kita saat ini melakukan inovasi baru dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Inovasi seperti Saber Mempro ini hanya diperuntukan untuk ibu-ibu hamil yang sudah memeriksakan kehamilanya,"kata Kadisdukcapil, Nifto Anin kepada Riauaktual.com, Rabu (23/10/19).

Dijelaskan Nifto, bahwa untuk bisa terdaftar dalam saber mempro hanya ibu-ibu hamil yang memeriksakan kehamilnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih, Pukesmas, Rumah Bersalin atau Bidan Desa dengan membawa kelengkapan administrasi kependudukan seperti KTP, KK dan buku nikah.

"Nanti data tersebut akan kita terima melalui Whatshapp dari tempat bersalin dan seterusnya pihak tempat bersalin akan mengirimkan surat keterangan lahir dan nama anak, setelah itu baru di cek kelokasi oleh tim Saber Mempro,"terang Nifto saat berada diruang kerjanya.

Sambung Nifto, setelah data lengkap dan sesuai tim saber mempro akan memberikan NIK anak lahir, cetak KK baru, cetak akta lahir dan Kartu Identitas Anak (KIA), bahkan akan diserahkan secara langsung kepada yang bersangkutan.

Ditambahkannya, bahwa program inovasi baru seperti saber mempro ini baru pertama dilakukan di Riau, itupun hanya di Disdukcapil Kabupaten Pelalawan. Selain itu, inovasi baru ini tidak menggunakan dana APBD maupun APBN. Namun ini sukarelawan pihaknya untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. (Erik)



Loading...

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com