Kadiskes Pekanbaru Sebut Vaksinasi Lansia Masih Rendah

Kadiskes Pekanbaru Sebut Vaksinasi Lansia Masih Rendah
Kepala Diskes Pekanbaru Muhammad Noer

Riauaktual.com - Data yang dihimpun Diskes Pekanbaru hingga saat ini jumlah pelayanan publik yang telah dilakukan vaksinasi mencapai 2.552 orang, dari total penerima vaksin sebanyak 2.589 orang. 

Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Muhammad Noer, mengatakan bahwa saat ini proses vaksinasi bagi kelompok Pelayanan Publik dan masyarakat Lanjut Usia (Lansia) masih berlangsung dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru. 

"Artinya proses vaksinasi kelompok pelayanan publik hampir rampung, atau yang sudah kita vaksin mencapai 98,57 persen dari target," ujarnya, Kamis (18/3) kemarin. 

Sementara untuk vaksinasi bagi kelompok Lansia masih cukup rendah. Pihaknya baru melakukan vaksinasi sebanyak 4.403 orang, dari total target penerima vaksin mencapai 24.493 orang. 

Jumlah ini baru mencapai sekitar 17,98 persen dari target vaksinasi bagi kelompok Lansia. Rendah nya capaian progres vaksinasi bagi kelompok Lansia, dikatakan M Noer akibat adanya penundaan vaksinasi. 

Karena penerima vaksin kelompok Lansia mengalami penundaan vaksin karena tidak lolos pemeriksaan kesehatan jelang vaksin. Mereka sebagian besar memiliki komorbid atau penyakit penyerta seperti tensi tinggi dan kadar gula yang tidak normal. 

"Kelompok Lansia ini merupakan prioritas penerima vaksin. Sebagian besar calon penerima vaksin merupakan Lansia. Hal ini guna menekan angka kematian. Yang banyak meninggal pasien usia lanjut," terangnya. 

Pemerintah kota melalui Diskes Pekanbaru bekerjasama dengan 28 Rumah Sakit dan 21 Puskesmas untuk melakukan vaksinasi ini. Ia mengimbau masyarakat kelompok Lansia yang belum melakukan vaksinasi untuk segera disuntik vaksin. 

Kelompok Lansia dapat melakukan vaksinasi secara mandiri. Masyarakat hanya cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke fasilitas kesehatan terdekat. Usai mendaftarkan diri, calon penerima vaksin akan dilakukan pemeriksaan kesehatan. 

"Kalau KTP luar Pekanbaru, tambahkan surat domisili dari RT/RW. Bisa kita vaksin," katanya. 

Sebelumnya pemerintah kota mendapat tambah pasokan vaksin sebanyak 2.970 vial dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. 

Mayoritas penerima vaksin covid-19 tahap II di Kota Pekanbaru adalah masyarakat Lansia. Alokasi vaksin untuk lansia mencapai 24 persen dari total pasokan vaksin. Vaksin ini tersedia bagi 14.850 orang penerima vaksin. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index