Alasan Kenapa Orang Mau Beli Tesla

Alasan Kenapa Orang Mau Beli Tesla
Alasan beberapa orang memilih Tesla. Foto: Justin Sullivan/Getty Images

Riauaktual.com - Lembaga riset dan survei Escalent mencari tahu alasan orang membeli Tesla. Apakah dipengaruhi dari nama besar pendirinya, Elon Musk?

Kebanyakan orang di industri otomotif berasumsi pembeli Tesla tertarik pada citra merek berteknologi tinggi atau didasari sebagai fans dari CEO, Elon Musk. Tetapi survei baru dari Escalent menunjukkan bahwa asumsi tersebut tidaklah sepenuhnya benar.

Alasan sebenarnya lebih sederhana, yakni para pembeli Tesla menyukai mobilnya.

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 1.003 responden, termasuk survei, kelompok fokus, dan wawancara dengan pakar industri, antara 21 Desember 2020 hingga 19 Februari 2021. Responden adalah 100 pemilik Tesla, 100 pemilik kendaraan listrik lainnya, dan 803 pengemudi yang saat ini belum memiliki kendaraan listrik (Electric Vehicles/EV).

Dikutip Carandbuzz, Senin (15/3/2021) hasil penelitian menunjukkan bahwa kendaraan Tesla menarik bagi pemilik EV dan mereka yang berniat membeli mobil listrik dalam waktu lima tahun.

Tesla dilihat sebagai hal yang memikat untuk gaya, performa , akselerasi, kualitas pembuatan, dan mobil listriknya terbilang baru dan berbeda. Jarak tempuh baterai merupakan salah satu pertimbangan yang masuk ke dalam lima besar penilaian.

Sementara beberapa pemilik mobil listrik non-Tesla punya pandangan negatif tentang Tesla. Lantaran perilaku dari Elon Musk.

"Jenius, tapi blak-blakan dan menjengkelkan," ungkap seorang responden dalam survei.

Sebagian responden yang belum memiliki Tesla menyatakan kekhawatiran yang lebih besar atas keselamatan Tesla sehubungan dengan teknologi self-driving.

"Kemampuannya untuk mengelola semua aspek pembelian dan kepemilikan EV, mulai dari penjualan, pembiayaan, layanan, pengisian cepat, dan perencanaan rute yang menggabungkan titik pengisian cepat, 91 persen disebutkan para pemilik sebagai alasan untuk membeli Tesla," tulis hasil survei tersebut.

Namun hal lain yang cukup berpengaruh dengan ketertarikan membeli Tesla ialah banyak pemilik melaporkan menjadi lebih terbuka untuk membeli EV setelah mengetahui teman, keluarga, atau rekan kerja yang memilikinya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index