Ratusan Tahanan Geruduk Mapolda Riau

Ratusan Tahanan Geruduk Mapolda Riau

Riauaktual.com - Ratusan tahanan mengerumuni Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Riau, Minggu (14/3/2021) pagi. Dengan tangan terborgol, lengkap dengan pakaian oranye dibariskan di tangga halaman belakang Mapolda Riau.

Rupanya, tahanan sebanyak 240 orang itu merupakan tersangka hasil dari Operasi Antik (Anti Narkoba) Lancang Kuning 2020 yang berlangsung selama 22 hari.

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menyebut bahwa operasi itu dilakukan mengingat wilayah hukum Polda Riau menjadi daerah transit dan distribusi peredaran narkotika.

"Bertujuan memberantas penyalahgunaan narkoba di wilayah Polda Riau, kita (Riau) menjadi daerah transit dan distribusi ke Nusantara atau indonesia. Kita tidak ingin terus menerus terjadi, maka diselenggarakan anti narkoba," jelas Agung saat ekpos.

Operasi yang berlangsung sejak 18 Februari 2021 sampai 11 Maret 2021 itu berhasil mengamankan sebanyak 463 tersangka dari seluruh jajaran Polda Riau.

Tersangka yang diamankan memiliki peran masing-masing, mulai dari pengedar, kurir hingga bandar. "Operasi ini menjadi penting bagi kita, yang kemudian bisa membuktikan presmis kita terkait dengan narkoba diwilayah Polda Riau menjadi benar," sambung Agung.

Dari hasil Operasi tersebut, barang bukti berupa narkotika jenis sabu seberat 42,19 Kg, narkotika jenis ektasi sebanyak 5.236 butir, ganja seberat 1,12 Kg.

Dalam operasi ini, pihaknya juga melakukan pemeriksaan terhadap para supir angkutan umum. "Juga melakukan identifikasi ke 1.193 supir, kedapatan 13 supir positif narkoba," tukasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index