Wali Kota Pekanbaru, Firdaus. Foto: Ist

Wali Kota Pekanbaru Ingatkan Masyarakat Tak Buka Lahan dengan Cara Dibakar

Senin, 08 Maret 2021 - 19:18:33 WIB Di Baca : 463 Kali


Riauaktual.com - Antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Walikota Pekanbaru, Firdaus menginstruksikan kepada pihak kecamatan, ataupun kelurahan, dan juga RT/RW, serta Masyarakat Peduli Api untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Hal ini dilakukan lantaran kecamatan, kelurahan, RT/ RW, serta Masyarakat Peduli Api, ujung tombak dalam mengingatkan masyarakat.

"Karena RT, RW, kelurahan dan Masyarakat Peduli Api merupakan ujung tombak bagi kita dalam mengingatkan warga," ujar Firdaus.

Selain itu, orang nomor satu di Kota Pekanbaru ini menyampaikan, kepada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis, diantaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), saling berkoordinasi guna mengantisipasi karhutla.

"Jadi semua harus terpadu. Semua dinas teknis ini mesti satu tim dalam penanganan karhutla," ucapnya, saat ditemui di Komplek Perkantoran Walikota Tenayan Raya, Senin (8/3/2021).

Menurut Firdaus, edukasi mesti terus ditingkatkan mengingat saat ini Kota Pekanbaru masih berada pada musim kemarau.

"Dalam kondisi perubahan cuaca, ini tentu menjadi perhatian kita, baik untuk penanganan lingkungan maupun kebakaran lahan. Walaupun dua hari terakhir turun hujan, namun secara iklim, kita masih berada pada musim kemarau. Untuk itu, kewaspadaan harus kita tingkatkan," tutupnya. (Fir)





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com