Masuki Hari ke 11 Karhutla di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Belum Padam

Masuki Hari ke 11 Karhutla di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Belum Padam
Kebakaran di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil (Foto: dok. BBKSDA Riau)

Riauaktual.com - Sudah memasuki hari ke 11 Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan cagar biosfer Giam Siak Kecil (GSK), Bengkalis, Riau belum pada,. 

Luas lahan terbakar diperkirakan sudah mencapai lebih dari 100 hektare.

Proses penanganan sampai saat ini terus berlangsung. Tim BBKSDA dibantu masyarakat peduli api dan pihak perusahaan swasta, termasuk TNI dan Polri, masih berjibaku di lokasi.

"Kita belum hitung total keseluruhan luas yang terbakar, tapi perkiraan lebih dari 100 hektar," jelas Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono, kepada wartawan, Rabu (3/3/2021).

Kebakaran di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil (Foto: dok. BBKSDA Riau)

Di lokasi biosfer GSK, kata Haryono, tidak ada pohon-pohon besar. Di sana mayoritas tumbuhan yang hidup kantong semar yang saat kemarau sangat kering hingga gampang tersulut api atau suhu panas dan sulit dipadamkan ketika terbakar.

Tak hanya tanaman mudah terbakar, di lokasi cagar biosfer GSK adalah lahan gambut. Dengan Kedalaman lahan gambut mencapai 1-2 meter dan sangat sulit dijangkau tim pemadam darat.

"Petugas di lokasi kesulitan untuk memadamkan api karena lokasinya yang jauh dari sumber air. Selain itu, mobilisasi peralatan untuk pemadaman juga sulit masuk ke lokasi," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index