Kuyang, Hantu Kalimantan yang Incar Ibu Hamil

Kuyang, Hantu Kalimantan yang Incar Ibu Hamil
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Riauaktual.com - BARU-BARU ini media sosial kembali dihebohkan dengan penampakan hantu kuyang. Foto tersebut sebenarnya sudah sejak 2019, tapi kembali dibagikan akun Twitter @fikaaa_cha. Ada dua foto yang dia unggah, keduanya sangat menakutkan.

Lantas apa sih hantu kuyang itu? Hantu Kuyang adalah hantu asli Kalimantan, hanya saja penampakannya mirip Leak, hantu yang ada di Bali.

Mencoba menguak misteri yang selama ini masih simpang siur terkait hantu Kuyang. Dikutip Okezone.com pun menghubungi perempuan indigo Furi Harun, untuk menjelaskan hantu tersebut.

Menurut dia, Kuyang ini adalah hantu yang memang tinggal kepala dengan organ dalam yang keluar dan menjuntai bebas. Hantu ini adalah perempuan yang semasa hidup secara umum adalah keturunan orang yang menguasai ilmu hitam. Jadi, dia berubah jadi hantu untuk memantapkan ilmu keabadiannya.

Kuyang

 

Bisa menjelma seperti manusia biasa

Hal yang mengkhawatirkan dari ancaman hantu ini menurut Furi adalah mereka bisa menyerupai manusia pada umumnya. Ya, Kuyang bisa berubah jadi perempuan yang mungkin Anda kira dia adalah orang biasa.

Tapi, namanya hantu, tentu tetap ada perbedaannya dengan manusia normal. Furi menegaskan, Kuyang itu punya ciri khas di bagian atas bibir. "Kuyang itu enggak punya garis di atas bibir yang biasa disebut dengan filtrum bibir. Jadi, atas bibirnya rata," ungkap Furi.

Lebih lanjut, saat menjadi perempuan biasa, dia akan menutupi bagian mulutnya karena tidak ingin diketahui identitas aslinya. Makanya, sambung Furi, kalau di Bali, perempuan yang suka nutupin bagian mulutnya, dia diduga seorang Leak.

Selain itu, saat menjadi perempuan biasa, di waktu siang Kuyang ini akan lebih sering mengenakan pakaian terusan panjang berwarna hitam. Selain itu, beberapa Kuyang juga ternyata memilih mengenakan daster.

Kuyang

Kuyang yang berubah wujud menjadi perempuan biasanya memiliki aroma yang khas yaitu bau daun pandan. Tidak semua Kuyang memang mengeluarkan aroma ini, tapi kebanyakan seperti itu. Kemudian, jika dilihat secara detail, Kuyang itu wajahnya pucat dan area matanya hitam.

Bahkan, Furi menceritakan, Kuyang ini kerap pergi ke pasar. Bukan untuk berbelanja, tetapi dia mencari mangsanya yaitu ibu hamil atau perempuan nifas yaitu perempuan yang baru melahirkan.

Sebab, Kuyang ini santapan utamanya adalah darah ibu hamil atau darah perempuan yang baru saja melahirkan. Hanya itu yang diincar Kuyang.

Kuyang akan memakan janin atau mengisap jiwa ibu hamil

Teror Kuyang tak seperti Kuntilanak yang kebanyakan balas dendam. Kuyang akan mengejar korbannya yang tak berdosa demi keuntungannya sendiri. Hantu ini bahkan tak pandang bulu, yang penting sedang hamil atau pasca melahirkan.

Bagi Kuyang, dua jenis perempuan itu adalah santapan lezatnya. Lalu, bagaimana Kuyang merenggut nyawa janin atau si ibu?

Furi menjelaskan, Kuyang akan menyerang ibu hamil saat dia tertidur pulas. Korban akan diisap jiwanya dan janin yang ada di dalam tubuh akan dimakan Kuyang seketika. Memahami kondisi ini, Anda bisa membayangkan bagaimana proses aborsi dilakukan.

Tapi, perlu ditegaskan, si ibu bukannya melakukan aborsi, tetapi memang bayinya telah lenyap, dimakan habis Kuyang. Pendarahan yang terjadi pun sebagai tanda kalau Kuyang tersebut menyantap tubuh si ibu hamil itu.

"Jadi, Kuyang akan menyerang ibu hamil saat tidur, karena dalam kondisi itu si ibu dalam kondisi tak berdaya dan itu menjadi titik kelemahan si ibu," terang Furi.

 

 

Sumber: Okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index