Vietnam. ©shutterstock.com

Pengusaha China Ungkap Alasan Sebenarnya Pilih Pindah ke Vietnam Ketimbang Indonesia

Selasa,17 September 2019 - 19:06:49 WIB Di Baca : 1457 Kali

Riauaktual.com - Awal bulan ini, Presiden Joko Widodo sempat berang karena banyak perusahaan asal China yang memilih pindah ke Vietnam ketimbang Indonesia. Presiden Jokowi menduga ada kesulitan aturan investasi.

Namun, Chairman dari China National Committee for Pacific Economic Cooperation, Su Ge, memberikan penjelasan lain. Dia berkata lokasi Vietnam yang dekat China memberikan negara itu keuntungan lebih.

"Perbedaan mendasarnya adalah Vietnam lokasinya dekat dari Guanxi, jadi mereka mereka (perusahaan) dapat berpindah," ujar Su Ge dikutip Liputan6.com usai dialog internasional CSIS di Jakarta, Selasa (17/9).

Loading...

Meski begitu, dia menyebut Indonesia tetap memiliki keunggulan berupa lokasi strategis, yakni ada diantara Asia, Samudera Hindia, dan Australia. Dia pun bercerita ekonom China menilai Indonesia semakin menarik sebagai lokasi investasi karena perusahaan di Vietnam sudah banyak.

"Ada seorang ekonom pada sebuah konferensi, dia bilang sudah banyak perusahaan di Vietnam. Dan ekonom itu memandang Indonesia sebagai salah satu tujuan investasi terbaik," ungkap Su ge.

Menurut Su Ge, keunggulan lain dari Indonesia adalah masyarakat yang bersahabat, pekerja keras, dan konektivitas yang semakin baik. Pria itu pun baru mengunjungi Bogor dan terkesima dengan jalan di sana.

Dia pun berharap konektivitas Indonesia semakin meningkat dengan menggenjot jalur kereta api. Industri pariwisata Indonesia juga dianggap menjanjikan karena ternyata banyak orang China datang ke Bali.

"Ketika mereka pulang, mereka bisa bercerita soal keindahan alam, orang-orang yang bersahabat, dan yang paling penting hubungan kedua negara kita sangatlah baik," ucap Su Ge.

 

Sumber: Liputan6 


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...