ils/ int

Anggaran Minim, Pemko Pekanbaru Pending Pemekaran Kecamatan Baru Awal 2020

Selasa,17 September 2019 - 19:04:04 WIB Di Baca : 252 Kali

Riauaktual.com - Disebabkan anggaran minim, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pending rencana penerapan dan pengoperasikan beberapa Kecamatan baru hasil pemekaran pada awal tahun 2020. 

Hal tersebut dikatakan Asisten I Setdako Pekanbaru Azwan, ketika ditemui awak media, Selasa (17/9/2019), Dijelaskannya, pengoperasian Kecamatan baru tidak bisa dilakukan awal tahun depan, pasalnya Pemko Pekanbaru masih terkendala pada anggaran untuk pemekaran Kecamatan tersebut. 

"APBD kita sudah ketok palu. Sementara untuk pemekaran kecamatan dibutuhkan anggaran infrastruktur dan lain-lain. Mungkin tidak sesuai dengan arahan Pak Wali dapat beroperasi pada awal tahun nanti," ujar Azwan.

Loading...

Menurut Azwan, pembahasan pemekaran kecamatan ini sebenarnya sudah dirapatkan dalam internal Pemko Pekanbaru beberapa waktu lalu. Namun, mengingat anggaran sudah disahkan dengan nilai yang minim, maka, Pemko Pekanbaru terpaksa menunda beberapa waktu untuk pengoperasional kecamatan baru. 

"Sebab APBD Pemko Pekanbaru, yang telah di sah kan kemarin oleh DPRD tidak terantisipasi untuk Anggaran biaya pemekaran kecamatan. Maka kita tunggu anggarannya dimasukkan APBD Perubahan pada tahun 2020 nanti disahkan," tambahnya.

Azwan menambahkan, pemundaan pengoperasian sementara ini sudah disampaikan kepada Menpan RB dan Mendagri.

"Kita juga sudah mengirim surat kepada Menpan RB dan Mendagri untuk menunda sementara. Sambil disiapkan infrastruktur dan SDM untuk mengisi kecamatan hasil pemekaran," ungkapnya.

Azwan memastikan, jika sebelum disahkannya APBD Perubahan Pemko Pekanbaru pada bulan Oktober tahun 2020 nanti, kecamatan baru hasil pemekaran sudah dapat dioperasikan. 

Diberitakan sebelumnya, pasca disahkannya Ranperda Pemekaran beberapa Kecamatan di Kota Pekanbaru pada pekan lalu, Walikota Pekanbaru Firdaus, menargetkan bahwa tahun 2020 nanti sudah diterapkan dan pengoperasian Kecamatan baru. 

"InsyaAllah tahun 2020 sudah kita terapkan. Kita mulai dengan distribusikan SDM yang ada ke wilayah baru yang akan dimekarkan," urainya.   

Sebagai informasi, awalnya jumlah kecamatan yang ada di Pekanbaru sebanyak 12 Kecamatan. Namun akan dimekarkan menjadi 15 Kecamatan, dengan penambahan tiga Kecamatan baru. 

Nantinya akan ada tiga kecamatan yang dimekarkan. Dua kecamatan pemekaran dari Kecamatan Tampan, yakni Kecamatan Bina Widia dan Kecamatan Tuah Madani. Sementara untuk kecamatan Tampan sendiri dihapuskan. 

Satu kecamatan pemekaran dari Kecamatan Tenayan Raya, yakni Kecamatan Kulim. Sedangkan dua kecamatan pemekaran Kecamatan Rumbai, yakni Kecamatan Rumbai Barat dan Kecamatan Rumbai Timur.

Selain itu ada juga kecamatan yang berganti nama, yaitu Kecamatan Rumbai Pesisir, berganti nama menjadi Kecamatan Rumbai.


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...