foto : internet

Warga Ramai-ramai Selfie di Makam BJ Habibie, Kemensos Turun Tangan

Minggu,15 September 2019 - 11:13:44 WIB Di Baca : 470 Kali

Riauaktual.com - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita sudah mendapat laporan adanya warga yang berswafoto atau selfie di makam Presiden ke-3 BJ Habibie. Sejak saat itu, sekuriti dikerahkan untuk menjaga peziarah agar tidak sekedar selfie di makam BJ Habibie.

"Kemarin ramai di medsos yang mencela pengunjung yang hanya berselfie di nisan Pak Habibie, juga banyak peziarah yang hanya memeluk nisan Bapak Habibie dan sambil selfie-selfie. Sejak itu kita tempatkan dua orang satpam di samping makam selama sebulan untuk menjaga peziarah agar berziarah dengan berdoa dan mendoakan Pak Habibie, bukan hanya untuk berselfie-selfie dengan nisan," kata Agus dikutip detikcom, Minggu (15/9/2019). Adapun Kemensos merupakan kementerian yang mengelola TMP Kalibata, Jaksel.

Dengan ditempatkannya petugas keamanan, Agus berharap peziarah yang datang turut memanjatkan doa kepada mendiang Habibie. Agus menambahkan, pihaknya tidak ingin mempersulit peziarah.

Loading...

"Sekali lagi, kami tidak pernah mempersulit bagi peziarah yang ingin mendoakan Pak Habibie di sana, bahkan kami berharap agar masyarakat datang untuk mendoakan beliau," ucap Agus.

Sementara itu, pantauan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, para peziarah diminta untuk meninggalkan tanda pengenal yang dititipkan ke sekuriti yang berjaga di pintu masuk makam. Sebelum mempersilahkan masuk, sekuriti ini mengimbau kepada para peziarah untuk tidak berselfie di makam BJ Habibie.

"Itu kan kurang etis, kurang bagus dilihatnya. Itu aja yang kita imbau dari pimpinan juga mengimbau seperti itu. Silahkan mengambil foto, silahkan berdoa sebatas untuk yang sewajarnya saja," kata Koordinator Sekuriti TMPNU Kalibata Iswani di lokasi.

Terkait polemik selfie di makam BJ Habibie, pihak keluarga sebelumnya tidak mempersoalkan. Putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie memaklumi jika ada peziarah yang selfie di pusara ayahnya.

"Kalau masalah itu, sebetulnya hak orang ya. Boleh mau selfie, ini mungkin banyak yang pengin foto sama Pak Habibie, dia pikir ya saya nggak dapat aslinya, seenggak-enggaknya kuburannya. Kebetulan kiri kanan ada bapak dan ibu. Saya juga nggak masalah," ujar Thareq di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (14/9).


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...