Sembilan Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan, Bisa Cegah Penyakit Kronis Lho

Sembilan Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan, Bisa Cegah Penyakit Kronis Lho
Ilustrasi buah kelengkeng. (Foto: Stevepb/Pixabay)

Riauaktual.com - BANYAK orang bertanya manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh manusia. Ternyata jawabannya cukup banyak manfaatnya. Sebab, buah kelengkeng memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, antivirus, dan antibakteri yang banyak berkontribusi pada kesehatan.

Buah kelengkeng berasal dari wilayah tropis yang banyak ditemukan di China, Taiwan, Vietnam, Thailand, dan termasuk Indonesia. Kelengkeng merupakan buah berdaging kecil berbentuk bulat berwarna putih dengan kulit berwarna kuning kecoklatan yang tumbuh berkelompok dan bergantungan.

Mirip buah leci, kelengkeng memiliki rasa manis dan lebih kering. Sedangkan leci lebih berair, beraroma, serta memiliki rasa manis cenderung asam.

Masyarakat Indonesia juga menyukai buah kelengkeng karena rasanya enak. Di balik itu, buah ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Berikut deretan manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh manusia, seperti dilansir Boldsky.

Buah kelengkeng. (Foto: Bigtreegroup/Pixabay)

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah kelengkeng merupakan sumber vitamin C yang baik. Antioksidan yang larut dalam air berperan besar dalam memperkuat kekebalan tubuh dan menangkal penyakit. Vitamin C untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

2. Mencegah penyakit kronis

Buah kelengkeng memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penyakit kronis. Mengonsumsi buah lengkeng dapat mencegah kerusakan sel dan menurunkan risiko terserang penyakit kronis.

3. Meningkatkan sistem pencernaan

Buah kelengkeng segar dan kering mengandung serat. Serat ini dapat mengeluarkan kotoran dalam jumlah besar, serta membantu pergerakan usus dengan benar. Selain itu, serat juga membantu meningkatkan bakteri usus sehingga menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat. Konsumsi serat juga mencegah masalah pencernaan lainnya, seperti sembelit, diare, sakit perut, kembung, dan kram.

4. Meredakan peradangan

Sifat antioksidan dan anti-inflamasi buah kelengkeng membantu penyembuhan luka serta meredakan peradangan. Sebuah studi penelitian pada 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menemukan pericarp (lapisan luar), daging buah, dan biji kelengkeng mengandung asam galat, epikatekin, serta asam ellagic yang menghambat produksi bahan kimia pro-inflamasi seperti oksida nitrat, histamin, prostaglandin, dan faktor nekrosis jaringan (TNF) di tubuh manusia.

5. Mengobati insomnia

Dalam pengobatan tradisional China, buah kelengkeng digunakan untuk mengobati insomnia. Sebuah studi pada 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Current Neuropharmacology menunjukkan buah kelengkeng dapat meningkatkan kecepatan tidur dan durasi tidur bila digunakan dalam kombinasi dengan turunan hipnotik.

6. Meningkatkan fungsi memori

Buah kelengkeng dapat mendukung fungsi kognitif dan daya ingat. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan, buah lengkeng dapat meningkatkan pembelajaran dan memori dengan meningkatkan tingkat kelangsungan hidup saraf yang belum matang.

7. Meredakan kecemasan

Kecemasan merupakan gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan perasaan khawatir atau takut yang cukup kuat sehingga menghambat aktivitas sehari-hari. Beberapa penelitian menunjukkan buah kelengkeng dapat mengatasi kecemasan. Dalam pengobatan tradisional China, teh kelengkeng dikonsumsi untuk membantu mengurangi kecemasan.

8. Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi buah kelengkeng dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya rendah. Sebuah studi pada 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Plants Studies menunjukkan buah kelengkeng dapat membantu menekan nafsu makan dan meningkatkan penurunan berat badan.

9. Meningkatkan kesehatan kulit

Antioksidan dalam buah kelengkeng dapat membuat kulit awet muda. Bahkan, buah ini mengandung jumlah vitamin C yang efektif untuk mengurangi kerusakan oksidatif pada kulit dan meningkatkan pembentukan kolagen.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index