Fraksi PAN DPRD Pekanbaru Gelar Kunjungan ke Dinas Kesehatan

Rabu,11 September 2019 - 15:46:11 WIB Di Baca : 457 Kali

Riauaktual.com - Fraksi PAN DPRD kota Pekanbaru melakukan kunjungan ke Dinas Kesehatan Pekanbaru, Rabu (11/9/2019). Kegiatan ini dalam rangka mempertanyakan kesiapan Dinkes dalam menangani bencana kabut asap di Pekanbaru.

Rombongan dipimpin Ketua DPD PAN Pekanbaru yang juga Anggota DPRD kota Pekanbaru Ir Nofrizal MM, hadir juga Irman Sasrianto, Indra Sukma, Arwinda Gusmalina, Doni Saputra, dan Roni Pasla.

Rombongan disambut langsung oleh Kepala Dinkes Pekanbaru Muhammad Amin beserta para pejabat dan staf lainnya di lingkungan Dinkes, pertemuan dilaksanakan di ruang Aula Dinkes.

Loading...

Dalam pemaparannya, Kepala Dinkes menerangkan bahwa semua orang pasti terdampak kabut asap, bahkan saat ini tercatat sudah 7.789 penderita ISPA yang terdata dari seluruh puskesmas yang ada di Pekanbaru, sejak kabut asap melanda Kota Bertuah.

"Upaya yang kami lakukan adalah membagikan masker, sudah 125 ribu masker yang dibagikan melalui sekolah-sekolah, ada 21 ribu lagi stok yang akan kita bagikan. Bagi masyarakat yang membutuhkan masker, bisa minta langsung ke puskesmas," kata Muhammad Amin.

Muhammad Amin mengakui tengah mengalami kekurangan masker, meskipun telah mendapatkan bantuan dari pemerintah Provinsi Riau 10 ribu masker, maka pihaknya saat ini tengah meminta bantuan CSR rumah sakit yang ada di Pekanbaru.

"Semuanya menyatakan ikut membantu masker. Kita bukan hanya menggunakan dana pemerintah tapi juga CSR," terangnya.

Selain masker, lanjut Muhammad Amin, upaya lain yang dilakukan yakni menyediakan tempat evakuasi di 21 puskesmas bagi masyarakat yang terdampak ISPA. "kita siapkan oksigen, full AC di ruang evakuasi," terang Amin lagi.

Pada Senin 09 September kemarin, kata Muhammad Amin, Indeks Standar Standar Pencemar Udara (ISPU) yang tertera di papan menunjukkan pada level 111 atau tidak sehat. Kondisi ini sudah berbahaya karena sudah berdampak kepada manusia.

"Rentan itu bayi, ibu hamil, lansia, dan bawaan penyakit," terangnya.

Menanggapi pemaparan Kepala Dinkes, Ir Nofrizal MM meminta agar pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan memberikan solusi kepada masyarakat agar tidak menjadi korban dari musibah asap ini.

"Berikan obat gratis kepada masyarakat yang terkena ISPA. Ini kepedulian dan keprihatinan kita semua. Kalau disosialisakan pasti banyak masyarakat yang memeriksakan kesehatan jika tahu bahwa biaya gratis," kata Nofrizal.

Kalau sekedar masker, lanjut Nofrizal, dirinya merasa tak akan efektif dalam mengantisipasi dampak kabut asap. Maka perlu respon yang lebih baik lagi, seperti penanganan masyarakat dalam hal pemeriksaan kesehatan.

"Kami sebagai dewan berharap dinas harus fokus saja kepada penanganan yang terdampak asap. Fokus disitu, apa yang mejadi kendala komunikasikan agar bisa dibantu," pintanya.

Anggota Fraksi PAN lainnya Arwinda Gusmalina menyampaikan harapan yang menjadi perhatian Dinas Kesehatan dalam pertemuan tersebut. Dimana, penjelasan yang ditonjolkan hanya berkutat pada luar ruangan saja, padahal dalam ruangan juga berbahaya.

"Dalam rumah bau asap juga pekat, harusnya disosialisasikan bagaimana penanganan dan antisipasi di dalam rumah," pinta Arwinda yang langsung ditanggapi Dinas Kesehatan untuk segera mempersiapkan.

Setelah menerima semua masukan dari anggota DPRD Pekanbaru, Dinas Kesehatan juga berjanji memaksimalkan penanganan dampak kabut asap ini, sesuai yang diharapkan para wakil rakyat. (rik)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...