Gubernur Riau Lihat Vaksinasi Tahap Kedua di RSUD Arifin Achmad

Gubernur Riau Lihat Vaksinasi Tahap Kedua di RSUD Arifin Achmad
Gubernur Riau Syamsuar melihat proses vaksinasi tahap ledua yang dilakukan di Aula RSUD Arifin Achmad, Kamis (28/1/2021).

Riauaktual.com - Hari ini, vaksinasi Covid-19 tahap ke-2 dilaksanakan di Aula RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru, Kamis (28/1/2021). Saat vaksinasi, Gubernur Riau Syamsuar sempat hadir dan berbincang-bincang dengan sejumlah Forkopimda.

Dari pantauan di lapangan, Syamsuar mengenakan kemeja batik lengan panjang dengan warna dasar kuning. Syamsuar menggunakan masker dan faceshield, serta hanya beberapa menit saja berada di aula tersebut.

Vaksinasi tahap pertama dilaksanakan 14 Januari 2021. Setelah 14 hari para penerima vaksin akan kembali disuntik untuk tahap kedua, karena proses vaksinasi harus dilakukan dua kali atau penerima vaksin diberikan dua dosis vaksin Sinovac.

Dengan memberikan lebih dari satu dosis vaksin, berarti memperbesar kemungkinan sistem imun tubuh untuk mempelajari virus dan mencari cara menangkal infeksi.

Dalam pelaksanaan vaksinasi tahap kedua, orang pertama yang disuntik vaksin Sinovac, yakni istri Asisten I Setdaprov Riau, Veronica Ginting. Kemudian diikuti oleh penerima vaksin berikutnya.

Dengan dilakukannya vaksinasi Covid-19 tahap kedua di tiga kabupaten/kota, yakni Kampar, Pelalawan dan Pekanbaru, dimana totalnya sudah sebanyak 4.362 tenaga kesehatan (nakes) yang divaksinasi.

"Mudah-mudahan tercapai target herd immunity kita yakni 70 persen dari masyarakat Riau yang terkonfirmasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir usai melakukan vaksinasi tahap kedua.

Setelah nakes, dikatakan Mimi, proses vaksinasi berikutnya akan berlajut untuk TNI/Polri, Satpol PP, tenaga pendidik, PLN atau pekerja yang berkontak langsung dengan masyarakat.

"Diharapkan tidak ada nakes atau yang lainnya menolak vaksinasi Covid-19, karena vaksin baik untuk diri sendiri dan orang sekitar, sebab kita menjaga diri sendiri, menjaga keluarga dan menjaga negara," tutupnya.

Ia mengimbau masyarakat Riau untuk siap dan tidak takut divaksin, karena vaksin Covid-19 yang diberikan aman dan halal.

Penulis: Friedrich Edward Lumy

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index