Petugas gabungan melaksanakan operasi bersama di pintu akses Gerbang Tol Pinggir Tol Pekanbaru - Dumai untuk penindakan truk ODOL, Rabu (27/1/2021).

20 Kendaraan Lebihi Dimensi Kena Tilang Sebelum Masuk Tol Pekanbaru - Dumai di Riau

Rabu, 27 Januari 2021 - 16:00:35 WIB Di Baca : 1189 Kali


Riauaktual.com - Operasi gabungan dilaksanakan sebelum pintu akses Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) di Gerbang Tol Pinggir, Rabu (27/1/2021). Operasi gabungan yang melibatkan Dinas Perhubungan (Dishub) Riau, BPTD Wilayah IV Riau-Kepri Kemenhub, Ditlantas Polda Riau, dan Denpom 1/3 Bukit Barisan, untuk penindakan truk Over Dimension dan Over Loading (ODOL).

Plt Kepala Dishub Riau Indra Putrayana mengatakan kepada Riauaktual.com melalui Kasi Pengawasan dan Pengendalian Lalu Lintas Jalan Dishub Riau Suardi, operasi gabungan ini atas permintaan PT Hutama Karya sebagai pengelola Tol Permai.

"Tujuan operasi gabungan ini untuk meminimalisir kecelakaan di jalan Tol Permai. Sebab belakangan sering terjadi kecelakaan di jalan Tol Permai," kata Suardi usai operasi gabungan.

Adapun jumlah truk yang dikenakan tilang ada 20 unit, dikatakan Suardi. Diantaranya dari BPTD Wilayah IV Riau-Kepri 16 tilang dan Gakkum Ditlantas Polda Riau 4 tilang. Truk tersebut dikenakan tilang karena melebihi dimensi ukuran truk atau tidak standart.

"Truk-truk ini dimodifikasi pengusaha transportasi untuk meraup keuntungan, tanpa memikirkan kerusakan jalan yangbbisa disebabkan truk yang memlebihi dimensi tersebut," ungkap Suardi.

Selain sanksi tilang, dijelaskan Suardi, truk ODOL tidak diizinkan melintasi Tol Permai karena selain bisa merusak konstruksi jalan tol juga bisa menjadi penyebab kecelakaan.

"Operasi gabungan ini juga akan dilakukan secara rutin, namun untuk lokasinya akan berpindah-pindah," jelas Suardi.

Sementara itu, Kepala Ranting II Tol Permai Aldair Maulana menjelaskan kepada Riauaktual.com, operasi gabungan ini atas dasar permintaan PT Hutama Karya sebagai pengelola Tol Permai.

"Sesuai rencana kita 1 bulan lalu akan dilaksanakan operasi gabungan di Gerbang Tol Pinggir. Dimana akses masuk di gerbang tol ini ramai untuk kendaraan golongan II ke atas (truk, red)," kata Aldair.

Adapun operasi gabungan ini untuk meminimalisir kendaraan odol masuk dalam Tol Permai. Ini sebagai pelajaran bagi perusahaan transportasi, agar memperhatikan aspek keselamatan untuk diri sendiri dan orang lain di jalan raya dan jalan tol.

"Rencananya kegiatan ini rutin kita lakukan untuk seluruh akses pintu Tol Permai," tutupnya.

Penulis: Friedrich Edward Lumy





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com