Curah Hujan Tinggi, Ini Daerah Waspada Banjir dan Tanah Longsor di Riau

Curah Hujan Tinggi, Ini Daerah Waspada Banjir dan Tanah Longsor di Riau
Ilustrasi.

Riauaktual.com - Curah hujan diperkirakan intensitasnya cukup tinggi disejumlah daerah di Provinsi Riau kedepannya. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mengingatkan masyarakat untuk waspada banjir dan tanah longsor.

Hal itu dikatakan, Kepala BPBD Riau Edwar Sanger kepada Riauaktual.com, Selasa (26/1/2021). Masyarakat yang tinggal di bantaran sungai harus waspada untuk mengantisipasi datangnya banjir.

"Daerah rawan banjir, seperti di Kabupaten Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi, dan Indragiri Hulu. Namun tidak menutup kemungkinan banjir bisa terjadi di Kabupaten Rokan Hilir dan Rokan Hulu," kata Edwar usai menghadiri rapat terbatas di Ruang Melati Kantor Gubernur Riau.

Pihak BPBD Riau juga sudah melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten/Kota se-Riau untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan tanah longsor, kata Edwar.

"Melihat kondisi cuaca yang cukup ekstrim fluktuasinya saat ini, untuk itu perlu koordinasi agar rekan-rekan BPBD kabupaten dan kota juga bisa mengantisipasi juga," ungkap Edwar.

Dirinya juga terus memantau perkembangan ketinggian sumber air dari PLTA Koto Panjang di Kabupaten Kampar.

"Jika di Sumatera Barat curah hujan sudah cukup tinggi dan pintu air PLTA Koto Panjang sudah mulai dibuka, maka daerah sekitar itulah yang perlu diwaspadai," terang Edwar.

Untuk tanah longsor, Edwar menjelaskan, daerah yang perlu diwaspadai, seperti di perbatasan Riau dengan Sumatera Barat dan perbatasan Riau dengan Sumatera Barat di Lubuk Jambi dekat Kuantan Singingi.

"Kita juga sudah memetakan dan mengantisipasi agar tidak terjadi tanah longsor. Bahkan kita sudah bekerjasama dalam penanggulangannya dengan Dinas PUPR Riau. Antisipasi juga kita lakukan di daerah Lima Puluh Koto dan Tiga Belas Koto Kampar, untuk kewaspadaan," tutup Edwar.

Penulis: Friedrich Edward Lumy

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index