Vaksin COVID-19 (Foto: pool)

Dewan Sebut Perlu Upaya Lebih Yakinkan Vaksin Covid Aman

Senin, 18 Januari 2021 - 13:56:58 WIB Di Baca : 469 Kali


Riauaktual.com - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Pekanbaru menyebut bahwa pemerintah harus memiliki upaya lebih untuk meyakinkan masyarakat akan kegunaan dari vaksin Sinovac. 

Tak cukup dengan pejabat publik di lingkungan pemerintahan dijadikan orang pertama yang menerima vaksin Corona Virus Disease 2019 (Covid19) tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Pekanbaru Firmansyah, Senin (18/1/2021) diruang kerjanya.

Menurutnya, pemerintah harus bekerja keras untuk mengubah stereotip dari masyarakat yang selama ini memahami bahwa vaksin tersebut tidak aman.

"Belum. Belum meyakinkan. Pemerintah harus lebih meyakinkan lagi bahwa vaksin ini memang benar-benar bermanfaat memutus mata rantai Covid-19," kata Firmansyah. 

Meski begitu, Firmansyah menjelaskan bahwa vaksinasi ini mempunyai tujuan yang bagus, yakni untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 yang sudah mewabah hampir satu tahun. 

"Tapi sampai saat ini masih banyak pro dan kontra di tengah masyarakat. Bahkan tokoh-tokoh pun begitu. Bahkan yang berlatarbelakang medis beberapa juga ada yang meragukan," ulasnya lagi.

Sebelumnya, Kamis (14/1) dan Jumat (15/1) ada beberapa pejabat publik yang mengikuti tahapan vaksinasi yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau di RSUD Arifin Achmad.

Terhadap vaksin ini, BPOM telah secara resmi mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization vaksin COVID-19 Sinovac. 

Begitu juga dengan MUI yang telah lebih dulu mengeluarkan sertifikat halal vaksin Sinovac pada Jumat (8/1/2021) setelah sebelumnya mengkaji mendalam laporan hasil audit dari tim MUI yang terdiri dari Komisi Fatwa MUI Pusat dan LPPOM MUI. (Ral)





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com