Jika 5 Detik Saja Oksigen di Bumi Menghilang, Ini Hal Mengerikan yang Terjadi

Jika 5 Detik Saja Oksigen di Bumi Menghilang, Ini Hal Mengerikan yang Terjadi
Hal Luar Biasa Mengerikan Jika Tidak Ada Oksigen di Bumi

Riauaktual.com - Oksigen atau zat asam adalah unsur kimia yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Oksigen juga merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan manusia.

Bahkan hampir seluruh hal yang ada di bumi ini semuanya membutuhkan oksigen. Mulai dari manusia yang ingin bernafas hingga pohon sekalipun.

Lantas nih tipstrenners apa jadinya jika oksigen di alam semesta ini mendadak menghilang, bahkan hanya dalam 5 detik saja?

Dikutip dari Pojoksatu.id, nggak kebayangkan gimana jadinya? Tapi efek luar biasa mengerikannya benar-benar terjadi loh! Simak sendiri deh.

Yang Pertama : Semua Orang Di Pantai Mendapat Luka Bakar

Molekul oksigen di udara melindungi kulit dari terparan sinar UV, tanpa molekul ini tubuh kita akan terpanggang.

Dan kejadian luka bakar mengerikan bukan hanya menimpa orang-orang yang berada di pantai saja, melainkan juga orang-orang yang terkena sinar matahari.

Yang Kedua : Langit Akan Gelap Gulita Pada Siang Hari

Partikel yang terdapat pada lapisan atmosfer akan semakin sedikit memancarkan cahaya biru. Langit akan kehilangan warna birunya dan menjadi lebih gelap. Sehingga bumi akan seperti malam hari yang mengerikan.

Yang Ketiga : Semua Benda Yang Berada Di Tanah Akan Terjun Bebas

Oksigen berperan penting dalam pembentukan kerak dan mantel bumi, kurang lebih sebesar 45%. Tanpa adanya oksigen, tidak ada yang akan mampu menopang semua yang ada di atasnya yang menyebabkan semua benda jatuh ke dalam tanah.

Yang Keempat : Telinga Bagian Dalam Akan Meledak

Saat tak ada oksigen, manusia akan kehilangan tekanan udara sekitar 21% secara instan. Hal ini akan membuat pendengaran terganggu dan yang paling parah adalah kehilangan pendengaran.

Yang Kelima : Bangunan Yang Terbuat Dari Beton Berubah Menjadi Abu

Oksigen menjadi komponen pengikat penting dalam struktur beton. Tanpa oksigen, tidak akan ada yang mengikat struktur beton tersebut. Dalam seketika, semua bangunan akan roboh.

Yang Keenam : Lautan Menguap Dan Mengalir Ke Ruang Angkasa

Karena oksigen akan menghilang dari air laut, senyawa hidrogen akan menjadi gas bebas yang terikat apa-apa, padahal 1/3 air adalah oksigen. Gas hidrogen yang merupakan gas teringan perlahan naik ke ruang angkasa melewati troposfer.

Yang Ketujuh : Mesin Pembakaran Internal Akan Mati

Hal ini menyebabkan semua pesawat yang tengah mengudara akan jatuh seketika. Begitu juga yang berada di landasan, pesawat-pesawat akan saling bertabrakan satu sama lain.

Yang Kedelapan : Semua Sel Hidup Akan Meledak Menjadi Kabut Gas Hidrogen

Air mengandung 88,8% oksigen. Tanpa oksigen, hidrogen akan berubah menjadi gas dan jumlahnya tentu akan meningkat.

Jadi meski tidak bisa dipegang oleh tangan dan hanya bisa dirasakan fungsi oksigen ternyata sangat penting sekali bagi kehidupan semua makhluk di bumi ya tipstrenners.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index