Pilot Cantik Ini Terbangkan Pesawat dengan Rute Terpanjang Lintasi Kutub Utara

Pilot Cantik Ini Terbangkan Pesawat dengan Rute Terpanjang Lintasi Kutub Utara
Kapten Zoya Agarwal menempuh perjalanan dengan rute terpanjang San Francisco-Bengaluru (Foto: Twitter Air India)

Riauaktual.com - MASKAPAI Air India dengan nomor penerbangan AI176 bertolak dari San Francisco pada Sabtu, 9 Januari 2021 pukul 20.30 waktu setempat dan berhasil mendarat di Bandara Internasional Kempegowda, Bengaluru pada Senin (11/1/2021) pukul 03.45 waktu setempat.

Penerbangan itu merupakan momen bersejarah, di mana penerbangan langsung (direct flight) terpanjang yang pernah dilakukan Air India dengan awak kokpit yang seluruhnya adalah wanita.

Pesawat Air India yang dioperasikan pada hari Sabtu tersebut terbang dari San Francisco, melintasi langit Kutub Utara dan menempuh jarak sekitar 16 ribu kilometer untuk sampai ke Karnataka, Bengaluru.

"Hari ini, kami menciptakan sejarah dunia. Tidak hanya terbang di atas Kutub Utara, tetapi juga dengan semua pilot wanita yang berhasil melakukan ini. Kami sangat senang dan bangga menjadi bagian dari ini. Rute ini telah menghemat 10 ton bahan bakar," kata Kapten Zoya Agarwal demikian laporan Live Mint, Senin (11/1/2021).

Pilot Air India

Salah satu pilot yang ikut dalam penerbangan itu, Shivani Manhas mengaku terkesan dengan pengalaman terbang dengan rute San Francisco-Bengaluru. "Ini merupakan pengalaman yang menarik karena belum pernah dilakukan sebelumnya. Butuh hampir 17 jam untuk sampai di sini," kata dia.

Akun resmi Twitter milik Air India @airindiain memberikan cuitan untuk menyambut kedatangan Capt Zoya Agarwal, Capt Papagiri Thanmei, Capt Akanksha, dan Capt Shivani setelah berhasil menyelesaikan perjalanan penting dengan mendarat di Bandara Internasional Bengaluru dan telah membuat Air India Bangga.

Mereka juga mengucapkan selamat kepada penumpang AI-176 karena telah menjadi bagian dari momen bersejarah ini. Sebelum penerbangan tersebut, Menteri Penerbangan Sipil, Hardeep Puri memberikan reaksi atas sejarah yang mereka torehkan.

"Kekuatan wanita Air India terbang tinggi di seluruh dunia, Nari Shakti kami mencetak sejarah yang pertama," kata Hardeep.

Capt Zoya Agarwal

Penerbangan tersebut merupakan penerbangan langsung nonstop pertama antara dua kota teknologi, San Francisco dan Bengaluru.

Nantinya, Air India akan mengoperasikan penerbangan nonstop per pekannya ke Bandara Internasional Kempegowda, Bengaluru, yang berangkat pada Sabtu dan Selasa.

Air India akan menggunakan pesawat jarak jauh Boeing 777-200LR untuk penerbangannya. Pesawat canggih tersebut dilengkapi dengan 238 kursi, yang terdiri dari 8 kursi First Class, 35 Business Class, dan 195 Economy Class.

 

 

Sumber: okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index