Pendukung Trump Serbu Gedung Capitol, Wanita Tewas Tertembak

Pendukung Trump Serbu Gedung Capitol, Wanita Tewas Tertembak
Massa pendukung Trump serbu gedung Capitol

Riauaktual.com - Amerika Serikat (AS) dilanda kerusuhan. Pendukung Presiden AS Donald Trump mengamuk. Mereka menyerbu gedung Capitol.

Massa pendukung Donald Trump mendobrak Gedung Capitol, Washington DC, saat anggota kongres AS bersidang untuk menetapkan kemenangan Joe Biden di Pemilu AS.

Massa menduduki Capitol dan meneriakkan dukungan kepada Trump. Dalam insiden itu, seorang wanita tewas tertembak.

“Ya wanita yang ditembak di dalam Capitol dibawa ke rumah sakit daerah,” kata juru bicara Departemen Kepolisian Metropolitan DC, Dustin Sternbeck, dilansir CNN, Kamis (7/1/2021).

Sementara itu, Trump kini membela tindakan para pendukungnya yang menyerbu dan merusak gedung Capitol.

“Ini adalah peristiwa yang terjadi ketika kemenangan pemilu yang sakral luntur begitu saja dan dengan kejam dilucuti,” kata Trump di Twitter.

“Ingatlah hari ini selamanya!” lanjutnya.

Pada akhir tweet, Trump juga meminta perusuh untuk “pulang dengan cinta dan damai.”

 

Kongres Pengesahan Kemenangan Biden Dihentikan Sementara

Kongres pengesahan kemenangan Joe Biden pada Pilpres Amerika Serikat (AS) dihentikan sementara.

Penghentian itu lantaran pendukung Presiden Donald Trump melewati barikade polisi dan mencoba masuki gedung Capitol setelah bentrok dengan polisi.

“Tanpa keberatan, menyatakan DPR berhenti untuk istirahat,” kata anggota Kongres Jim McGovern, sambil mengetok palu saat teriakan keras dan gangguan terdengar di ruangan itu, seperti dilansir AFP, Kamis (7/1/2021).

Pejabat di Capitol AS mengumumkan lockdown dan anggota parlemen mengatakan di Twitter bahwa mereka berlindung di kantor mereka, ketika massa Trump terlihat berjalan menuju gedung.

Para pengunjuk rasa yang mendukung Donald Trump mengerumuni gedung Capitol AS pada Rabu waktu setempat. Dilansir Reuters, Kamis (7/1) pendukung Trump membalikkan barikade dan bentrok dengan polisi di halaman Capitol AS dan mencoba masuk ke dalam gedung.

Demonstran melakukan aksi ketika anggota parlemen sedang melakukan kongres untuk mengesahkan kemenangan Joe Biden. Aparat penegak hukum berjuang untuk menjaga ketertiban.

“Kami tidak akan pernah menyerah,” Trump sebelumnya mengatakan kepada ribuan pendukung yang bersorak-sorai di hamparan berumput dekat Gedung Putih.

“Kami tidak akan pernah kebobolan. Itu tidak terjadi. Anda tidak mengakui jika ada pencurian,” tandasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index