Ilustrasi Makan di Pesawat. ©iStockphoto

Ini Alasan Mengapa Rasa Makanan Jadi Berubah Ketika Kita di Atas Pesawat

Kamis,22 Agustus 2019 - 19:24:39 WIB Di Baca : 234 Kali

Riauaktual.com - Salah satu hal yang biasa kamu rasa ketika naik pesawat adalah perubahan rasa dari makanan. Beberapa makanan atau minuman yang biasa kamu konsumsi di daratan mengalami perubahan rasa ketika di langit.

Banyak yang mengira perubahan rasa ini terjadi karena perasaan gugup atau tegang yang mungkin muncul ketika kamu terbang. Namun ternyata terdapat penjelasan ilmiah mengenai perubahan rasa ini.

Ketika terbang, pesawat biasanya akan meluncur dalam kecepatan yang sangat tinggi. Hal ini bisa menyebabkan perubahan pada udara di dalam pesawat yang mendapat tekanan. Hal yang sama ini juga terjadi pada tubuhmu.

Loading...

Dilansir dari Spoon University, hadirnya tekanan ini membuat kamu kehilangan indera penciuman ketika berada tinggi di udara. Hilangnya indera penciuman ini berhubungan dengan kemampuamu untuk merasa makanan.

Semakin tinggi pesawat, semakin menurun pula tekanan udara serta tingkat kelembapan. Pada ketinggian 30.000 kaki, kelembapan menurun hingga di bawah 12 persen yang lebih kering dibanding gurun pasir. Kombinasi dari udara kering dan tekanan rendah ini menurunkan sensitivitas perasa makanan manis dan asin sebanyak 30 persen.

Mesin Jet Juga Bisa Bisa Mempengaruhi

Mesin jet pada pesawat juga bisa menjadi penyebab hilangnya indera perasa ini. Suara bising ini bisa mempengaruhi indera perasamu. Hal ini terutama mempengaruhi kemampuan mencicipi rasa manis dan membuat lebih sensitif terhadap rasa gurih.

Sejumlah maskapai penerbangan telah mempertimbangkan hal ini dan telah berusaha untuk meningkatkan rasa makanan ini. Sangat penting untuk memahami jenis rasa yang dipengaruhi oleh tekanan, hawa kering, dan suara bising pesawat.

Rasa yang Terpengaruh

Menariknya, ketinggian ini hanya mempengaruhi persepsi rasa asin dan manis. Sedangkan makanan yang tidak terpengaruh oleh ketinggian ini merupakan rasa asam, pahit, gurih, dan pedas.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa suara bising, secara khusus suara bising dari kabin pesawat terbang bisa mengubah persepsi rasa. Suara bising tertentu ini bisa menyebabkan rasa manis dan gurih terasa lebih kuat dibanding sebelumnya.

Makanan Apa yang Sebaiknya Dikonsumsi?

Tomato merupakan makanan yang sarat dengan umami dan memiliki rasa kuat. Hal ini menyebabkan banyak maskapai yang menawarkan jus tomat sebagai pilihan minuman.

Sayangnya, sejumlah kudapan yang biasa ditawarkan di pesawat seperti kacang sebaiknya tidak dikonsumsi. Pasalnya, makanan ini biasa mengandung rasa asin yang tak bakal optimal ketika berada di ketinggian.

Makanan lain yang disarankan adalah makanan dengan rasa yang pedas. Makanan yang gurih seperti keju, daging, atau tuna juga tidak bakal mengalami banyak perubahan rasa ketika berada di atas ketinggian. 


Sumber: merdeka.com


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...